Travel

10 Etika yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan ke Jepang

Jepang merupakan tempat wisata yang cukup menarik dan sering dikunjungi oleh para wisatawan Indonesia. Selama liburan di Jepang tentunya kamu tidak ingin melakukan kegiatan yang nantinya membuatmu mendapatkan masalah di sana. Ada baiknya untuk selalu mempelajari setiap aturan dan kebudayaan setiap negara sebelum mengunjunginya, sama seperti ketika sedang berlibur ke Jepang.

Kamu perlu memperhatikan etika dan budaya saat makan, berbelanja, hingga mengginap di Jepang. Jika kamu akan berkendara di Jepang dengan mobil, pastikan kamu mengendarainya di sisi kiri. Karena sisi kiri adalah arah yang benar untuk mengendarai mobil.

Jika kamu tetap nekat, maka kamu akan mendapatkan masalah, mulai dari dikenakan denda hingga hukuman penjara. Merokok, berbicara, dan mendengarkan musik dengan keras sangat dilarang ketika berada di transportrasi umum. Meskipun sedang dalam keadaan darurat, kamu tetap tidak diizinkan untuk berbicara keras meskipun itu lewat ponsel.

Jika kamu memiliki janji untuk bertemu seseorang di Jepang, jangan sampai kamu terlambat. Karena warga Jepang sangat tepat waktu dan sangat menghargai waktu. Ketika berbicara dengan orang Jepang ada baiknya untuk selalu tenang dan penuh perhatian.

Karena jika tidak berarti kamu akan terlihat sebagai orang yang tidak sopan dan kasar. Jika kamu tengah menerima hadiah atau kartu kunjungan dari seseorang usahakan selalu dengan dua tangan. Budaya di Jepang selalu menggunakan kedua tangan ketika menerima sesuatu.

Jika kamu hanya menggunakan satu tangan saja, tentunya ini akan membuat mereka merasa canggung. Mengguncang dan mengetuk kaki adalah kebiasaan yang harus kamu hindari di negeri matahari terbit. Terutama ketika kamu berbicara dengan seseorang yang duduk di kursi.

Apapun yang kamu lakukan di Jepang dan kamu terima di sana, jangan lupa ucapkan terima kasih. Hal sederhana ini akan membuat kamu terlihat lebih sopan. Saat makan dengan sumpit kamu tidak boleh menggosok, mengetuk sumpit, hingga menunjuk seseorang dengan sumpit.

Sebaiknya kamu tidak memberi tip kepada pelayan atau siapapun yang telah membantu kamu, hal ini dianggap sesuatu yang tidak sopan bagi masyarakat Jepang. Sebaiknya kamu mengajukan izin terlebih dahulu sebelum mengambil foto dengan orang lain atau tempat yang tengah kamu datangi. Jika tidak mendapatkan izin, kamu tidak dapat mengambil foto secara sembarangan.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close