Kesehatan

5 Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ternyata Dapat Dimanfaatkan untuk Mengobati Flu

Penyakit flu mampu menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Flu disebabkan oleh beberapa faktor. Satu di antaranya adalah kekebalan tubuh yang berkurang.

Beberapa bahan alami di rumah ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit flu. Jahe memiliki banyak kandungan yang ternyata mampu mengatasi penyakit flu. Seperti kandungan antioksidan dan juga sifat antitoksin, anti jamur dan antivirus, yang dapat memberikan bantuan cepat dari gejala pilek.

Jahe juga memiliki sifat anti bakteri dan anti virus alami yang membantu melawan virus flu. Jahe memiliki oleoresin yang banyak membantu dalam mencegah lendir yang berlebihan, sekaligus memerangi infeksi virus. Cara mengolah jahe untuk menjadi obat flu yang pertama kupas kulit jahe dan cuci bersih.

Kemudian kunyah jahe hingga semua sarinya keluar. Atau bisa juga campur perasan jahe dengan air lemon, lalu aduk hingga rata. Kemudian beri sedikit air hangat dan siap untuk diminum.

Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki banyak manfaat. Satu di antaranya adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan flu. Hal tersebut lantaran bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang sangat baik.

Cara penggunaanya adalah campur 3 4 siung bawang putih ke dalam secangkir panas. Kemudian saring dan tambahkan sedikit gula. Minum setidaknya dua kali dalam sehari.

Atau bisa juga dengan langsung mengunyah bawang putih 3 4 kali sehari. Meskpiun memiliki rasa yang sangat pedas, namun cabai rawit mampu dimanfaatkan untuk mengobati penyakit flu. Rasa pedas yang dimiliki cabai rawit mampu membantu mengeluarkan cairan hidung, sehingga dapat membantu memebrsihkan racund an sumabtan yang menyebabkan hidung berair.

Cara penggunannya cukup mudah. Anda cukup menjadikan cabai rawit sebagai sambal atau memakan cabai rawit secara langsung. Kunyit memiliki beberapa sifat yang mampu membantu dalam melawan virus.

Seperti sifat antibakteri, anti inflamasi, dan antioksidan. Cara pengungganaannya adalah tambahkan kunyit ke dalam susu hangat atau bisa juga konsumsi kunyit dengan madu. Hal tersebut cukup efektif untuk mengatasi flu.

Bumbu makanan yang satu ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit flu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampur garam dengan air, kemudian gunakan untuk berkumur. Hal tersebut mampu membantu menyingkirkan lendir tebal yang bisa terkumpul di bagian belakang tenggorokan.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close