Travel

5 Fakta Unik Tentang Antartika, Termasuk Keberadaan Serangga Aneh hingga Danau Subglacial

Kamu pasti tak asing dengan nama Antartika. Ya, benua beku ini banyak muncul dalam cerita atau film. Meski demikian, tak banyak dari kita yang mengetahui tentang isi yang ada dalam Antartika.

Antartika adalah lingkungan yang keras, tetapi spesies invertebrata ini berhasil menakhlukannya. Di Antartika, hanya satu spesies serangga, Belgica antarctica , yang berani menghadapi cuaca yang sangat dingin. Avertebrata hitam kecil yang berkilau ini memiliki genom serangga terkecil yang dikenal dalam sains.

Midge secara teknis adalah lalat, tetapi tidak memiliki sayap. Bahkan lebih aneh lagi, pengusir hama bertahan hidup dua musim dingin beku di es sebagai larva sebelum hidup seminggu hingga 10 hari sebagai serangga dewasa sebelum mati. Di dalam air, beberapa kengerian serius menunggu penggemar invertebrata, jadi bawa sarung tangan atau jangan dekat dekat dengan air.

Eulagisca gigantea tumbuh hingga delapan inci dan berpatroli di perairan beku Antartika. Baru baru ini ditemukan, cacing laut yang aneh memiliki gigi besar mirip manusia yang melekat pada kepala berdaging yang dapat diperpanjang. Makhluk itu terlihat sangat mirip dengan alien.

Manusia modern telah membuat terobosan lebih signifikan ke Antartika daripada yang bisa dibayangkan. Argentina telah mendirikan kota di benua beku yang dikenal sebagai Pangkalan Esperanza (Hope Base) di Semenanjung Antartika, tempat berbagai kegiatan penelitian dapat dilakukan. Kota lain yang didirikan oleh Chili dan dikenal sebagai Villa Las Estrellas di Pulau King George, tak jauh dari Semenanjung Antartika.

Ini adalah satu satunya dua kota sipil Antartika. Sebagian besar penduduk tinggal selama musim panas tiga hingga enam bulan. Begitu musim dingin tiba mereka pergi.

Ada sejumlah elemen peradaban luar biasa lainnya di Antartika, termasuk tujuh gereja dan juga 40 bandara. Pada 2009, 11 orang telah lahir di Antartika. Orang pertama yang dilahirkan di Antartika adalah Emilio Marcos Palma, yang memiliki perbedaan sebagai individu pertama yang lahir di benua itu pada 7 Januari 1978, di Pangkalan Esperanza Argentina.

Antartika bukan hanya selembar es yang menutupi benua berbatu. Situasi seperti itu akan terlalu sederhana. Antartika jauh lebih kompleks dan aneh dari itu.

Lebih dari 400 danau sub glasial telah ditemukan bersembunyi di bawah lapisan es yang sangat tebal yang menutupi Antartika dengan ketebalan rata rata 6.000 kaki. Danau Vostok di bawah stasiun penelitian Vostok adalah yang terbesar dari danau sub glasial Antartika. Danau besar lainnya, yang dikenal sebagai Danau Mercer, meliputi area yang dekat dengan 54 mil persegi di bawah lapisan es.

Antartika didominasi oleh es, menciptakan lingkungan yang sangat unik yang telah menyebabkan "tanah terlantar" beku menjadi situs perburuan teratas untuk artefak ekstraterestrial di seluruh dunia. Kita tidak berbicara tentang humanoids hijau kecil, melainkan meteorit. 90% penemuan meteorit dunia yang menakjubkan berasal dari Antartika.

Meteorit chondritic di Antartika memegang kunci untuk penemuan sifat tata surya kuno, dengan air pra bumi yang tersimpan di dalam kristal mineral hidro dalam meteorit. Cuaca Antartika benar benar ekstrem. Begitu ekstrem sehingga berkeliaran tanpa perlindungan yang tepat bisa berakibat fatal.

Hanya karena cuacanya sangat dingin (tempat terdingin di Bumi) tidak berarti udara entah terhenti. Benua Antartika adalah 98% ditutupi oleh lapisan es, di mana kondisi cuaca ekstrem berkembang. Karena fenomena meteorologis, udara dingin dengan kepadatan tinggi muncul dari bagian dalam benua yang membeku dan mengaum menuruni lereng pesisir dengan kecepatan ekstrem.

Fenomena aneh telah menghasilkan angin yang telah mencapai maksimum 199 mil per jam. Angin ekstrem Antartika ini dikenal sebagai katabatik.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close