Nasional

5 Langkah Cek Akreditasi Universitas & Program Studi di BAN-PT buat ketentuan Pendaftaran CPNS 2019

Panduan cara mengecek akreditas Universitas dan Program Studi di BAN PT untuk syarat pendaftaran CPNS 2019. Beberapa pelamar mungkin kebingungan saat mengecek akreditasi perguruan tinggi atau program studi saat mendaftar CPNS 2019. Sejak awal pendaftaran CPNS 2019, BKN juga menginggatkan calon pelamar untuk lebih memperhatikan syarat syarat lain termasuk akreditasi perguruan tinggi.

Satu di antara syarat wajib CPNS 2019 di antaranya akreditasi perguruan tinggi dan program studi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 1. Buka laman BAN PT di alamat website berikut ini, . 2. Klik 'Data Akreditasi' pada laman tersebut.

Menu 'Data Akreditasi' ini berada di menu di bagian atas. 3. Kemudian klik 'Pencarian Data Akreditasi (histori). Anda akan menjumpai dua pilihan sub menu, yakni 'Pencarian Data Akreditasi (histori)' dan 'Distribusi Peringkat'.

Pilih sub menu 'Pencarian Data Akreditasi (histori) untuk mendapatkan data akreditasi universitas dan program studi. 4. Cari dengan nama universitas dan program studi. Ketik nama perguruan tinggi yang ingin Anda cari pada kolom ' Perguruan Tinggi'.

Setelah itu, ketikkan juga nama program studi Anda pada kolom ' Program Studi'. 5. Akreditasi universitas dan program studi akan muncul di layar monitor. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) 2019 membuka sebanyak 4.598 formasi.

Dalam proses pendaftaran, pelamar CPNS diwajibkan untuk mengunggah beberapa dokumen berupa surat pernyataan ke laman sscn.bkn.go.id . Mulai dari syarat scan KTP, scan pas foto, hingga scan ijazah. Surat pengumuman Nomor : SEK.KP.02.02 745 telah diterbitkan pada 1 November 2019.

Dalam surat pernayataan dijelaskan bahwa harus diketik dengan komputer, diberi materai Rp 6.000, dan dibubuhi tanda tangan dengan pena berwarna hitam. SURAT PERNYATAAN Nama:

Nomor Induk Kependudukan (NIK): Alamat: Pekerjaan pada KTP:

Jenjang pendidikan: Program studi/ Jurusan: Jabatan yang dilamar:

Merupakan Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM, menyatakan dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak siapapun bahwa saya : 1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; 2. Memiliki Karakteristik Pribadi selaku penyelenggara Pelayanan Publik;

3. Mampu berperan sebagai perekat NKRI; 4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan; 5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI / POLRI, Pegawai BUMN / BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

6. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah; 7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; 8. Memiliki jenjang pendidikan dan program studi dengan kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan;

9. Sehat jasmani, rohani dan jiwa/mental; 10. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat obatan terlarang atau sejenisnya; 11. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh Kementerian Hukum dan HAM;

12. Tidak akan mengajukan permohonan pindah wilayah, jabatan dan / atau penyesuaian ijasah selama 8 tahun sejak TMT PNS atau pindah instansi selama 10 tahun sejak TMT PNS; 13. Memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan sesuai dengan jabatan yang saya lamar dan seluruh dokumen unggah serta data yang saya berikan adalah benar bukan palsu. Apabila salah satu pernyataan pada angka diatas ditemukan atau terbukti berseberangan atau tidak sesuai atau tidak benar, maka saya bersedia digugurkan keikutsertaan seleksi atau digagalkan kelulusan akhir saya atau tidak di proses penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) atau dibatalkan keputusan pengangkatan CPNS.

Yang menyatakan *Materai 6000 *Tanda tangan dan nama peserta

Urutan nomor diatas wajib urut dan tidak boleh ada yang tidak termuat. Apabila ada point yang tidak termuat maka peserta dianggap tidak setuju dengan point tersebut sehingga dapat digugurkan. Berikut lampiran format surat pernyataan Kemenkumham 2019:

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close