Kesehatan

5 Manfaat Daun Mangga dari Mengobati Luka hingga Batuk

Daun mangga yang dianggap sebagai sampah, ternyata memiliki manfaat kesehatan dan bisa mengatasi beberapa kondisi seperti disentri dan gangguan pendengaran, simak selengkapnya berikut ini, Mangga adalah buah yang populer dan banyak digemari oleh orang Indonesia. Buah mangga yang manis dan segar banyak dikonsumsi dengan memakannya langsung atau menjadikannya jus.

Mangga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh dan mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Ternyata, manfaat mangga tidak hanya pada buahnya saja, tetapi juga pada daunnya. Tetapi tidak banyak yang tahu dan memanfaatkan daun mangga ini.

Daun mangga justru dianggap sampah dan dibuang begitu saja, padahal daun mangga juga mengandung antimikroba, flavonoid dan vitamin. Dengan begitu, daun mangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa kondisi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat dari daun mangga.

Gangguan yang terjadi pada telinga seperti rasa nyeri akan mengganggu pendengaran dan aktivitas kita sehari hari. Ternyata, daun mangga bisa membantu mengatasi daun telinga. Cara penggunaannya adalah, sediakan beberapa lembar daun mangga yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian blender dan saring.

Ekstrak daun mangga ini bisa dipanaskan terlebih dahulu dengan api kecil agar aman untuk kulit. Kemudian teteskan air ini kedalam telunga yang sakit secara rutin. Daun mangga juga mampu menolong dan merawat luka.

Cara penggunaanya, pada luka bakar dan luka terbuka, daun mangga dibersihkan terlebih dahulu, kemudian dihancurkan. Hasil dari daun mangga yang sudah dihancurkan ini bisa dibalurkan ke area luka. Getah dari daun mangga ini bisa meredakan rasa sakit dan memulihkan luka dengan cepat.

Disentri atau diare adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan. Karena daun mangga memiliki sifat antimikroba, maka bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Caranya menggunakannya adalah, ambil daun mangga yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, kemudian hancurkan daun mangga kering tersebut.

Lalu campur bersama air setegah gelas dan konsumsi daun mangga ina 3 kali sehari agar disentri cepat sembuh. Air rebusan daun mangg abisa digunakan untuk menurunkan deman dan meredakan batuk dan flu. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun mangga yang sudah dibersihkan, lalu meminum airnya hingga batuk reda.

Daun mangga juga bermanfaat untuk pernapasan, seperti untuk penderita asma, bronkitis dan penyalit flu yang menyebabkan pernapasan terganggu. Cara penggunaanya adalah dengan merebus daun mangga yang sudah dicuci terlebih dahulu, kemudian diminum. Apabila rasanya terlalu pahit, bisa ditambahkan madu untuk pemanis dan menambah khasiat dari air rebusan daun mangga ini.

<span ></span> Simak beberapa manfaat daun mangga bagi kesehatan, mampu obati asma hingga diabetes. Manggamenjadi buah favorit sebagian orang. Selain dapat dinikmati karena rasanya, buahini jugabermanfaat bagi kesehatan.

Daun mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid. Daun mangga berguna untuk mengendalikan diabetes karena mengandung tanin yang disebut antosianidin yang membantu dalam pengobatan diabetes. Daunnya dikeringkan dan dijadikan bubuk atau digunakan sebagai infus untuk mengobati diabetes.

Masalah pernapasan termasuk asma dapat diobati dengan bantuan daun mangga. Orang yang menderita bronkitis, asma, dan pilek dapat meminum rebusan daun mangga dengan merebusnya dalam air dengan sedikit madu. Daun mangga memiliki sifat gastroprotektif yang melindungi perut Anda dari berbagai penyakit lambung.

Anda hanya perlu menambahkan beberapa daun mangga ke air hangat dan biarkan semalaman. Saring airnya dan minum keesokan paginya. Mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena sifat hipotensi menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine Mesir.

Konsumsi daun mangga membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati varises. Sedikit daun mangga Liter air

Madu Cuci daun mangga dengan benar. Hancurkan dan tambahkan dalam air.

Rebus sampai air menjadi setengah. Saring dan minumlah dengan sedikit madu.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close