Travel

5 Tips Atasi Hipotermia saat Mendaki Gunung ala Medina Kamil

Presenter acara petualangan di TV swasta, Medina Kamil membagikan tips mengatasi hipotermia saat mendaki gunungmelalui akun Instagramnya, @medinakamil. Tips tersebut ia unggah dengan menyertakan fotonya saatmengadakan penjelajahan ke Taman Nasional Gunung Merbabu, Sabtu (27/4/2019). Berdasarkan pengalaman yang telah dilaluinya, Medina membagikan informasi terkait hipotermia yang sering dialami pendaki.

Hipotermia biasanya bisa terjadi akibat akibat perubahan cuaca yang ekstrem. Mulai dari cuaca yang dingin, hujan badai, dan pakaian yang kurang tebal bisa menjadi satu di antara faktor penyebab hipotermia. Berikut beberapa tips mengatasi hipotermia saat mendaki gunung ala Medina Kamil:

Mengatasinya gimana?? yg pastinya harus di usahakan badan kita tetap sll hangat dlm keadaan apapun ," tulis Medina dalam kolom caption. Sebelum mendaki gunung, Medina menyarankan agar kondisi tubuh sedang dalam keadaan sehat. Selain kondisi tubuh yang harus fit, pendaki juga disarankan untuk makan dalam porsi yang banyak.

Makan harus banyak (no diet2 deh di gunung), minum yg banyak, " tambah Medina. Pakaian diusahakan sll kering (kalo ujan harus pake raincoat), " tulis Medina. Saat mendaki gunung harus diusahakan agar pakaian yang kamu kenakan selalu kering.

Meskipun cuaca sedang hujan, wajib hukumnya mempersiapkan dan mengenakan raincoat, agar baju tidak basah terkena air hujan. Selain itu, wajib membawa pakaian cadangan agar bisa mengganti pakaian saat pakaian sudah basah kuyup. Jangan lupa bawa obat2an pribadinya ," tambahnya.

Medina juga mengingatkan untuk mempersiapkan persediaan obat obatan pribadi saat mendaki gunung. Agar bisa melakukan pertolongan pertama ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dan juga tenda dan sleeping bag yg kualitasnya bagus. karena tidur dalam kondisi sangat kedinginan bisa bikin badan makin drop ," tambahnya.

Tips terakhir yang disampaikan Medina untuk mengatasi hipotermia adalah memilih tenda dan sleeping bag yang bagus. Kualitas tidur yang bagus juga memengaruhi fokus tidaknya pendaki ketika mendaki gunung. Selain memberikan tips mengatasi hipotermia ketika mendaki gunung, Medina juga berpesan untuk bisa bertanggung jawab kepada diri sendiri saat mendaki gunung.

Persiapan segala perlengkapan dan logistik dgn lengkap. fisik dan mental jg harus siap 100%, " tambahnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close