Nasional

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 1441 H Bulan Muharram, Dibaca Mulai Malam Ini Setelah Maghrib

Berikut ini bacaan doa awal Tahun Baru Islam 1441 H bulan Muharram, dibaca mulai Sabtu (31/8/2019) malam nanti setelah Maghrib. Tanggal 1 Muharram 1441 H akan jatuh pada Minggu (1/9/2019) besok, tepatnya dimulai sejak Sabtu malam ini. Bulan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan dalam Islam, bahkan mendapat julukan bulan Allah atau syahrullah.

Pasalnya, selama bulan Muharram terhadap amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan yakni puasa. جاء رجل إلى النبي ضلى الله عليه وسلم فقال: أي الصيام أفضل بعد شهر رمضان؟ قال: شهر الله الذي تدعونه المحرم “ Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal? Nabi menjawab, ‘Puasa di Bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram. ” (HR: Ibnu Majah)

Juga dalam hadis riwayat Muslim di bawah ini: أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم “ Puasa yang paling utama setelah ramadhan ialah puasa di bulan Allah, Muharram. ”

Memperbanyak puasa di bulan Muharram disunahkan karena merupakan pembuka Tahun Baru Islam. Selain pembuka Tahun Baru Islam, pada 10 Muharram juga dianjurkan untuk berpuasa. Seperti Zaynuddin al Malibari dalam Fathul Mu'in mengatakan, " Bulan utama untuk berpuasa setelah Ramadhan adalah asyhurul hurum (bulan bulan haram). Sementara di antara asyhurul hurum itu bulan Muharram adalah yang paling utama, kemudian Rajab, Dzulhijah, Dzul qa’dah, Sya’ban, dan puasa Arafah. "

Doa awal Tahun Baru Islam dibaca pada Sabtu malam nanti setelah Maghrib sebanyak tiga kali. Mengutip dari nu.or.id , doa awal tahun berisi tentang harapan yang akan atau ingin dicapai selama setahun ke depan. Tak hanya itu, doa awal tahun dibaca untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

Berikut bacaan doa awal tahun: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ Bismillaahir rahmaanir rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwalu, wa ‘alaa fadhlikal ’azhimi wujuudikal mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’i wal isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal jalaali wal ikram yaa arhamar raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam ."

Artinya, " Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan Mu yang agung dan kedermawanan Mu yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada Mu pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada Mu dengan sedekat dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih! " 1. Buka hati dapat cinta, buka tangan dapat persahabatan, buka handphone dapat pesan baru, buka pesan dapat ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah. 2. Selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriah. Semoga di tahun yang baru ini, kita diberikan umur yang panjang untuk melakukan hal hal bermanfaat, kesehatan, serta kelancaran dalam beramal baik demi meraih ridho Nya.

3. Mengawali datangnya Bulan Hijriyah, marilah niatkan diri untuk hijrah dari kegelapan agar bisa meraih cahaya Islami. Semoga tahun ini kita bisa meraih kesuksesan. 4. Maafkan kesalahanku di tahun yang lalu agar kita bisa sama sama memulai lembaran baru di tahun 1441 Hijriyah ini. 5. Sucikan jiwa, bersihkan hati. Mari mengucap basmalah sebelum menginjak tahun baru Islam 1441 Hijriyah.

6. Wahai sabatku, mari kita jadikan awal tahun baru Hijriyah sebagai ajang untuk mempertebal iman, memperbanyak ibadah, sekaligus membiasakan diri berbuat baik demi meraih ridho Allah SWT. 7. Mari kita kumpulkan semangat untuk hijrah di tahun baru Hijriyah. Buang semua kebiasaan dan perilaku buruk agar kehidupan kita senantiasa berada di jalanNya. Selamat tahun baru Islam 1441 Hijriah. 8. S elagi kita masih diberi kesempatan untuk bernafas, selagi Allah SWT masih memberikan limpahan nikmat bagi kita untuk tetap berada di dunia, marilah kita bersama sama menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah sebagai sarana untuk memperbaiki diri. Semoga di tahun ini kita bisa meraih ridhaNya. Aamiin.

9. Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah. Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh berkah dan bertabur banyak kebaikan. 10. Kedatangan tahun baru Hijriyah sudah di depan mata. Mari siapkan amalan terbaik untuk menyambutnya. Buanglah kebiasaan buruk yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close