Pendidikan

Bagaimana Shalat Rasulullah Muhammad SAW Sebelum Menerima Wahyu Perintah Shalat 5 Waktu?

Dalam perjalanan Isra Miraj yang dilakukan Rasulullah Muhammad SAW, Allah SWT memrintahkan shalat 5 waktu. Perintah shalat 5 waktu yang juga diwajibkan kepada umat Islam. Rasulullah Muhammad SAW sendiri sebelum menerima wahyu perintah shalat 5 waktu, Rasulullah sudah mengerjakan shalat.

Demikian dengan istrinya, Siti Khatijah. Gerakan dan bacaan shalat 5 waktu yang diperoleh setelah perjalan Isra Miraj, adalah seperti yang saat ini dikerjakan oleh umat Islam. Dalil gerakan dan bacaan shalat 5 waktu yang umat Islam saat kerjakan, tertuang dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Ad Daruguthni.

Lalu bagaimana shalat Rasulullah Muhammad SAW sebelum menerima wahyu perintah shalat 5 waktu? Dikutip dari laman nuonline.com, Rasulullah Muhammad telah menjalankan kewajiban shalat sebagai pemeluk agama Islam. Penjelasan itu ada dari Ibnu Rajab Al Hambali dalam kitab Fathul Bari Syarh Shahih Al Bukhari.

Ibnu Abbas berkata, dari Abu Sufyan tentang hadis Heraklius, bahwa Nabi SAW memerintahkan kami sholat, jujur, dan menjaga harga diri." Ibnu Rajab juga menjelaskan dalil yang menjelaskan shalat Rasulullah Muhammad SAW sebelum peristiwa Isra sangat banyak. Artinya, perintah shalat sebenarnya sudah ada sebelum wahyu turun saat Isra Miraj.

Ibnu Rajab juga menjelaskan mengenai shalat Rasulullah. "Tetapi, ada yang mengatakan bahwa shalat yang diwajibkan pada Rasul pada awalnya adalah dua rakaat Subuh dan dua rakaat waktu malam… Qatadah mengatakan, 'Sholat pertama kali adalah dua rakaat Subuh dan dua rakaat Isya'." Kewajiban shalat sebelum turun wahyu perintah shalat 5 waktu ini memang di antara para ulama ada yang berbeda pendapat.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close