Nasional

Begini Cara Aktifkan Paketnya E-learning Telkomsel Gratis 30 GB buat Belajar Online di Ruangguru

Wabah virus corona atau Covid 19 memaksa pendidikan di sebagian daerah Indonesia harus dihentikan untuk sementara. Aktivitas sekolah untuk sementara dihentikan dan pembelajaran diganti dengan metode jarak jauh atau sistem belajar online dengan metode e learning. Aplikasi belajar online terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru mengumumkan kerja samanya dengan Telkomsel memberikan ruang belajar online gratis alias bebas biaya dan kuota.

Mengutip Telkomsel.com, Selasa (17/3/2020) para para pelajar, orang tua, maupun guru yang menggunakan Telkomsel di ponselnya kini bisa mengakses seluruh materi belajar di aplikasi Ruangguru bebas kuota hingga 30Gb. Kerja sama ini dibuat untuk menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa siswi di Indonesia, akibat maraknya penutupan aktivitas belajar di sekolah selama situasi darurat kesehatan penyakit COVID 19. Paket data 30Gb dapat dilakukan oleh pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel.

Harga paket data ini Rp 0 atau nol rupiah. Setelah mengaktifkannya pengguna akan mendapatkan akses data sebesar 30GB untuk akses Ruangguru selama 30 hari sejak tanggal aktivasi. 1. Pastikan Anda memiliki nomor telkomsel.

2. Silahkan download aplikasi MyTelkomsel di GooglePlay atau AppStore. 3. Silahkan login atau sigup bagi yang belum memiliki akun. 4. Di halaman beranda aplikasi, pilih 'Beli Paket'.

5. Pilih 'Internet'. 6. Akan muncul pilihan paket, silahkan pilih 'Bebas Akses Ruangguru'. 7. pilih 'Beli'.

Paket bebas akses Ruangguru berlaku 30 hari dengan kuota 30Gb di jaringan 2G/3G/4G. Kuota 30GB untuk akses aplikasi Ruangguru, antara lain: 1. Semua akses di menu RuangBelajar di aplikasi Ruangguru, termasuk video belajar dan semua artikel di dalamnya.

2. Apabila pelanggan mengakses menu lain selain akses di atas, menungkinkan untuk meng consume kuota regular. 3. Paket bisa dibeli maksimal 1 kali untuk 1 nomor. 4. Paket dapat dibeli oleh seluruh pelanggan prabayar dan pascabayar Telkomsel (Simpati, Kartu As, LOOP, dan Kartu Halo).

5. Paket ini tidak ada perbedaan antara pelanggan lama dan pelanggan baru dengan harga yang sama (tanpa sistem zona). 6. Urutan prioritas konsumsi kuota adalah kuota ruangguru, kuota 4G, kuota lokal all network, kuota reguler yang lain. 7. Harga sudah termasuk pajak.

Inisiatif Ruangguru dan Telkomsel ini dilakukan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID 19 sebagai pandemi, dan setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (UNESCO) merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebab COVID 19 telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia. Selain program Sekolah Online Gratis, Ruangguru juga menurunkan harga berlangganan paket ruangbelajar, untuk memudahkan siswa mengakses ribuan video belajar beraminasi bagi siswa kelas 1 SD hingga 12 SMA. Ruangguru meluncurkan paket berlangganan 1 bulan dengan harga Rp 50.000, yang dapat diaktifkan dengan menggunakan kode diskon: TETAPSEHAT.

"Sebagai leading telco digital company, Telkomsel mendukung upaya gotong royong pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID 19, dengan berperan sebagai penghubung atau connectivity enabler." "Oleh karena itu dalam masa yang penuh tantangan ini, Telkomsel mempererat sinergi dan kolaborasi bersama para pemangku kepentingan untuk terus bergerak maju bersama sama membantu seluruh elemen masyarakat untuk tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan," jelas Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro. Sementara itu, Belva Devara Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru menjelaskan, pihaknya sangat menyambut positif niat baik Telkomsel.

"Kami menyadari bahwa kegiatan belajar siswa tidak dapat terganggu di tengah tengah situasi sekolah diliburkan untuk mencegah penyebaran virus Corona." "Meskipun kami sudah menyediakan berbagai layanan belajar alternatif, namun kami menyadari bahwa terkadang koneksi internet bisa menjadi penghalang. Oleh karena itu, kami sangat menyambut positif niat baik dari Telkomsel untuk ikut serta membantu akses belajar bagi anak anak Indonesia," ungkap Belva Devara. Dalam aplikasi Ruangguru, akan disediakan 15 kanal live teaching untuk berbagai mata pelajaran.

Pelajaran yang diajarkan tersebut telah sesuai dengan kurikulum nasional. Mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS). Setelah melakukan program teaching, siswa bisa langsung mempraktikkannya langsung dalam fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Dikutip dari akun Instagram resminya, untuk mengikuti program Sekolah Online Ruangguru Gratis!, simak tutorialnya berikut ini. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menunduh aplikasi Ruangguru di App Store atau Play Store. Buka aplikasi Ruangguru, lalu isikan data dirimu.

Apabila sudah memiliki akun bisa langsung 'masuk' dengan kolom yang berada di sebelah kanan. Selanjutnya, buka aplikasi dan klik ikon Sekolah Online Ruangguru. Pada halaman utama aplikasi Ruangguru, klik ikon Sekolah Online Ruangguru yang ditandai lingkaran merah.

Untuk menonton Live Teaching sesi Sekolah Online Ruangguru yang sedang berlangsung akan tertera di bagian 'Tayang Hari Ini'. Live Teaching tersebut bisa langsung ditonton dan dipilih sesuai dengan jenjang pendidikan. Bisa pilih sesuai jenjang kelas kamu, misalnya, SD, SMP, SMA IPA, atau SMA Soshum.

Atur notifikasi agar tidak ketinggalan kelas. Saat kelas dimulai, ada notifikasi sehingga siswa tak akan ketinggalan materi. Untuk mengaktifkan notifikasi, klik lambang lonceng pada masing masing video yang akan ditonton.

Lambang lonceng diletakkan di sisi kanan bawah pada video live tersebut. Sesi Sekolah Online Ruangguru yang telah selesai ditonton bisa diputar kembali. Caranya pun cukup mudah, yakni klik tab ‘Selesai’, kemudian cari sesi dengan tulisan ‘Tonton Ulang’.

Dengan cara ini, tidak akan ketinggalan sesi materi dai tutor Ruangguru.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close