Kesehatan

Begini Pendapat Dokter Mengatasi Bibir Kering Pecah Pecah Dengan Gula Merah

Tips cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah bisa dengan gula merah? simak pendapat dokter berikut ini. Kondisi bibir kering dan pecah pecah seringkali membuatsebagian orang merasa tidak nyaman. Kondisi tersebut biasa terjadi apabilaudara sedang panas dan bibir terkena paparan matahari secara langsung yang membuatbagian luarnya mengalami kekeringan.

Dr. M. Fiarry Fikaris, seorang dokter umum di RSUD Pandanarang Boyolali, menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan risiko bibir kering. Faktor risiko tersebut di antaranya yaitu cuaca,terlalu sering membasahi atau menjilat bibir, dan mengonsumsi obat obatan tertentu sepertiretinoid (vitamin A), Litium (obat gangguan jiwa), dan beberapa obat kemoterapi. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah pecah.

Fransiska Felicia Padmawati (27), atau yang dikenal dengan nama Felo Felicia, membagikan rangkaian cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah. Dalam videonya yang berjudul"Cara Merawat Bibir Kering, Pecah Pecah", youtuber kelahiran Jakarta tersebut menyarankan tiga bahan yang dapat diaplikasikan ke bibir. Ketiga bahan tersebut di antaranya yaituminyak kelapa, madu, dan gula merah.

"Kalau tidak punya minyak kelapa, bisa menggunakan olive oil ," kata Felo Felicia dalam videonya. Selanjutnya, Felo Felicia juga membagikan langkah langkah untuk membuat bahan bahan tersebut sebagai penyembuh bibir kering dan pecah pecah. 1. Masukkan gula merah sedikit saja lalu ditumbuk

2. Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa 3. Tambahkan satu sendok teh madu 4. Aduk rata ketiga bahan tersebut

5. Aplikasikan ke bibir 6. Diamkan 5 menit lalu bersihkan dengan kapas 7. Aplikasikan lip balm ke bibir

Dr. M. Fiarry Fikaris mengatakan, minyak kelapa dan madu baik digunakan untuk mengatasi maupun mencegah bibir pecah pecah karena memiliki fungsi sebagai pelembab alami. Ia pun membenarkan bahwa penggunaan lip balm diperlukan untuk mengatasi kondisi bibir kering dan pecah pecah. Selain itu, dr. M. Fiarry Fikaris juga menambahkan beberapa cara untuk mencegah bibir kering dan pecah pecah sebagai berikut:

1. Mengurangi aktivitas luar ruangan terutama ketika siang hari 2. Menggunakan topi lebar sehingga bibir tidak terpapar matahari langsung 3. Menggunakan lipbalm yg mengandung UVA dan UVB

4. Menggunakan sun block yang mengandung zinc oksida/titanium oksida untuk mencegah sinar matahari

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close