Kesehatan

Bisa Turunkan Berat Badan hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung Manfaat Tak Terduga Santan

Mungkin masih banyak orang yang tak mengira ternyata santan memiliki manfaat yang tak terduga. Santan yang berbahan dasar dari kelapa, memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kelapa sejatinya telah ditanam di daerah tropis selama lebih dari 4.500 tahun lamanya.

Kelapa (Cocos nucifera) masih termasuk dalam keluarga Palm Arecaceae. Buah kelapa juga merupakan satu buah yang populer karena air dan dagingnya yang dapat diminum. Selain air dan dagingnya yang dapat dikonsumsi, ternyata kelapa juga dapat menghasilkan cairan putih seperti susu yang biasa disebut santan.

Santan sendiri terbuat dari daging kelapa tua yang sudah berwarna cokelat. Ternyata, santan memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya dan memiliki vitamin dan mineral yang dianjurkan untuk pasien yang tidak mengidap toleran laktosa. Dari 100 g santan, mengandung 94,57 g air, 31 kkal (energi) dan juga mengandung protein 0,21 g.

Selain itu, santan juga mengandung 2,08 g lemak, 2,92 g karbohidrat, 2,5 g gula, 188 mg kalsium, 0,3 mg zat besi, 19 mg potasium, 19 mg natrium, 1,25 mcg vitamin B12, 63 mcg vitamin A, dan 1 mcg vitamin D Tahukah kalian jika santan memiliki manfaat yang tak terduga? Para peneliti menyarankan, santan dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung trigliserida rantai menengah (MCT).

Studi menunjukkan, trigliserida rantai sedang ini bekerja untuk menurunkan berat badan dan lingkar pinggang dibandingkan dengan lemak lainnya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, pria yang kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan yang mengandung trigliserida rantai menengah, memiliki nafsu makan yang jauh lebih rendah di bagian akhir hari itu. Kelapa mengandung asam laurat, yang dikenal untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Ini memiliki sifat antimikroba, anti inflamasi, dan menghambat pertumbuhan strain bakteri seperti Staphylococcus aureus, Mycobacterium tuberculosis dan Streptococcus pneumoniae. Kelapa pada gilirannya, membantu melindungi tubuh dari berbagi infeksi bakteri. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, air kelapa memiliki sifat antiulcerogenik, yang memiliki kemampuan untuk mengurangi pertumbuhan borok dan mengurangi ukurannya.

Manfaat lain dari santan adalah membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung karena adanya asam laurat di dalamnya. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, mengonsumsi bubur kelapa menurunkan kolesterol LDL (buruk) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 18 persen. Kehadiran mineral penting seperti kalium, natrium, kalsium, dan zat besi dalam santan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga pembuluh darah tetap rileks dan bebas dari penyumbatan. Asam lemak rantai menengah dalam santan dapat membantu memperlambat laju gula darah dalam aliran darah. Ini mencegah kenaikan kadar gula darah, sehingga mengurangi timbulnya diabetes.

Sifat anti inflamasi dalam asam laurat yang terkandung dalam santan dapat membantu menurunkan peradangan yang terkait dengan kondisi seperti radang sendi, nyeri otot dan nyeri. Orang yang tidak toleran terhadap laktosa dapat beralih ke santan karena lebih kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan pencernaan. Minum santan juga meningkatkan pertumbuhan mikrobiota usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

Jika Anda termasuk orang yang alergi terhadap kelapa, mengkonsumsi santan dapat memiliki efek samping yang merugikan. Mengonsumsi santan berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena mengandung banyak kalori dan lemak.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close