Pendidikan

BMKG Beberkan 10 Daerah Kemarau Terpanjang 2019, Sholat Istisqo Yuk! Sholat Mohon Hujan, Ini Caranya

10 Daerah Paceklik Hujan 2019 Versi BKMG, Malang, Sumba, Bantul, Cara Sholat Istisqo, Mintalah Hujan BMKG merilis 10 daerah kemarau panjang 2019, termasuk Malang, Gunung Kidul, Lembata, Sumba Timur, Belu, Sampang, dan sederet lainnya. Sholat Istisqo yuk! Sholat memohon hujan pada Allah SWT .

Simak tata cara Sholat Istisqo, sholat minta hujan jika lokasimu termasuk 10 daerah dengan kemarau terpanjang di 2019 yang dirilis oleh BMKG. Sholat Istisqo bisa rutin kamu panjatkan jika inginhujan turun, terutama jika daerahmu mengalami kemarau panjang, seperti yang diumumkan BMKG. Musim kemarau yang berkepanjangan bisa mengakibatkan adanya kekeringan.

MariSholat Istisqo, agar kemarau panjang segera berakhirdan hujansegera turun. BMKG baru saja merilis 10 daerah di Indonesia yang kurang hujan atau mengalami kemarau terpanjang 2019. Rilisnya daftar 10 daerah di Indonesia yang mengalami kemarau terpanjang di tahun 2019 itu diumumkan BMKG di laman Twitter resminya @InfoHumasBMKG, Selasa (27/8/2019).

Diinfokan BMKG, bulan Agustus adalah puncak musim kemarau disertai kekeringan yang telah melanda berbagai wilayah di Indonesia. Ada 10 daerah yang kurang hujan terpanjang. 1. Sumba Timur sebanyak 157 hari

2. Lembata sebanyak 146 hari 3. Bantul sebanyak 138 hari 4. Buleleng sebanyak 134 hari

5. Malang sebanyak 133 hari 6. Sumbawa Barat sebanyak 128 hari 7. Sampang, Ketapang Barat sebanyak 127 hari

8. Gunung Kidul sebanyak 125 hari 9. Kulon Progo sebanyak 125 hari 10. Belu sebanyak 125 hari

Sholat Istisqa adalah shalat sunah untuk memohon hujan. Sholat Istisqa disunahkan bagi orang orang yang mukim atau musafir, dikala sangat membutuhkan air karena tidak ada hujan. اُصَلِّ سُنَّتَ الأِسْتِسْقَاءِرَكْعَتَيْنِ اِمَامًا/مأَمُوْمًالِلّٰهِ تَعَالٰى. اَللّٰهُ اَكْبَرْ

Ushalli Sunnatal Istisqa’i rak’ataini (imaman atau ma’muman) Lillahi Ta’ala. “Saya Niat Salat Sunah Istisqa’ Dua Rakaat (jadi imam atau makmum) karena Allah Ta’ala.” 1. Membaca Niat

2. Sholat dua rakaat. Pada rakaat pertama, takbir 7 kali dan pada rakaat kedua takbir 5 kali. 3. Rakaat pertama diutamakan membaca Al Fatihah dan disunnahkan membaca surat Al Ala.

4. Rakaat kedua diutamakan membaca Al Fatihah dan disunnahkan membaca surat Al Ghasiyah. 5. Setelah sholat, diutamakan membaca khutbah. Bisa khutbah dua atau sekali sebelum (atau setelah) sholat.

Khutbah setelah sholat lebih utama. 6. Berdoa menghadap kiblat dengan mengangkat dua tangan 7. Sebelum masuk khutbah pertama khatib membaca istighfar sembilan kali.

8. Sebelum masuk khutbah kedua khatib membaca istighfar tujuh kali. 9. Perbanyak doa dalam khutbah kedua. Wallahu a‘lam. Doa yang sering dibaca dalam Sholat Istisqo baik dalam khutbah maupun diluar khutbah yaitu :

اَللّٰهُمَّ اسْقِنَالْغَيْثَ وَلاَتَجْعَلْنَامِنَ الْقَانِتِيْنَ “Ya Allah tumpahkanlah hujan kepada kami dan janganlah Engkau jadikan kami termasuk orang orang yang berputus asa.” اَللّٰهُمَّ عَلَى الطِّرَابِ وَاﻵ كَامِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِوَبُتُوْنِ الْاَوْدِيَةِ اَللّٰهُمَّ حَوَالَيْنَاوَلاَعَلَيْنَا

Allaahumma ‘alattiroobi wal aaakaami wa manaa bitissajari wabutuunilaudiyati. Allaahumma hawalaena walaa ‘alaenaa. Artinya: “Ya Allah, curahkanlah hujan itu diatas tumpukan tumpukan tanah dan bukit bukit, tempat pepohonan tanaman dan tumbuhan tumbuhan, dan di lembah lembah. Ya Allah curahkanlah di sekeliling kami dan jangan di atas kami.” Sholat Istisqo atau sholat memohon turun hujan kepada Allah SWT ini memiliki tiga macam jenis, yakni ringan, sedang dan utama.

Doa yang dilakukan dengan atau tanpa sholat, di masjid ataupun tidak dan berjamaah maupun sendiri. Doa setelah sholat jumat atau khutbah jumat atau khutbah yang lainnya. Sholat dua rakaat yang didahului dengan dua khutbah.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close