Internasional

Boeing Beli Suku Cadang Pesawat Ruang Angkasa dari Perusahaan Swasta Rusia

Sebuah perusahaan swasta yang berbasis di Kota Voronezh, Rusia, memproduksi unit untuk Starliner, pesawat ruang angkasa milik Boeing. Komponen ini memungkinkan pesawat ruang angkasa tersebut untuk memperoleh kekuatan saat merapat ke International Space Spaction (ISS). Seperti yang disampaikan raksasa kedirgantaraan Amerika Serikat (AS) itu pada Sabtu kemarin waktu setempat.

"Starliner menggunakan unit Konverter Daya yang disediakan oleh Zao Orbita di Voronezh, Rusia," ujar Boeing. Hal ini memungkinkan Boeing mentransfer daya dari Stasiun Luar Angkasa ke Starliner ketika merapat. Menurut Boeing, pembelian suku cadang itu sesuai dengan Program Kru Komersial NASA.

Dikutip dari laman Russia Today , Minggu (23/2/2020), pilihan komponen penerbangan ini didasarkan pada jaminan misi dan keandalan karena telah digunakan selama 20 tahun di ISS. Kendati demikian, unit buatan Rusia ini harus dikurangi massa dan ukurannya agar kompatibel dengan Starliner. Pernyataan tersebut muncul kurang dari sehari setelah Kepala Badan Antariksa Rusia Roscosmos, Dmitry Rogozin mengungkapkan bahwa sebuah perusahaan swasta di Voronezh memproduksi beberapa unit komponen untuk sistem pendaratan pesawat ruang angkasa AS, namun ia tidak mengungkapkan nama perusahaan itu.

Kendati demikian, Rogozin mengaku terkejut saat mengetahui bahwa perusahaan tersebut membuat suku cadang untuk Boeing. CST 100 Starliner yang dikembangkan oleh Boeing bekerja sama dengan Program Kru Komersial NASA untuk mengangkut kru ke ISS. Perlu diketahui, pesawat ruang angkasa Boeing melakukan operasi perdananya ke ruang angkasa pada Desember lalu.

Namun penerbangan uji kritis ini dirusak oleh software bug dan pesawat pun gagal mencapai ISS. Terlepas dari semua kecelakaan itu, NASA mengklaim uji coba berlangsung sukses. Saat ini NASA pun masih menyelidiki 'anomali' yang terjadi selama penerbangan tersebut.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close