Travel

Cara Membuat Visa Jepang Kunjungan Sementara buat Kunjungi Keluarga di Negeri Sakura

Cara membuat visa Jepang kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga yang tinggal di Jepang. Visa kunjungan keluarga berlaku ketika kamu akan mengunjungi keluarga atau saudara yang ada di Jepang dengan melampirkan beberapa dokumen yang bersangkutan. Visa kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga ini berlaku hingga 90 hari.

Ketika akan membuat visa Jepang kunjungan sementara, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, mulai dari dokumen persayaratan, biaya pembuatan hingga daerah yuridiksi pengurusan visa. Dirangkum dari vsfglobal.com dan id.emb japan.go.jp, simak cara membuat visa Jepang kunjungan sementara ketika kamu akan mengunjungi keluarga di Jepang Beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan ketika akan membuat Multiple Visa Jepang

1. Paspor. 2. Formulir permohonan visa. dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram) 3. Foto kopi KTP

4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa) 5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk keluar Jepang) 6. Jadwal Perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)

7. Dokumen yang membuktikan hubungan keluarga antara pemohon dengan pengundang. 8. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu) 9. Surat undangan.

10. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan: A. Bila pihak Pemohon yang bertanggung jawab atas biaya Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

B. Bila pihak Pengundang yang bertanggung jawab atas biaya. Surat Jaminan Dokumen yang berkenaan dengan pengundang seperti tercantum di bawah ini (salah satu saja):

I. Surat Keterangan Pembayaran Pajak (nouzei shomeisho) yang mencantumkan besar penghasilan. Ii. Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)/(kakutei shinkokusho hikae) Iii. Surat Keterangan Penghasilan (shotoku shomeisho)

Iv. Surat Referensi Bank V. Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir Vi. Surat Keterangan Bekerja yang mencantumkan lama bekerja dan besar penghasilan

Surat Keterangan Domisili Pengundang (juminhyo). Bila Pengundang adalah WN Asing yang berdomisili di Jepang, maka Surat Keterangan Pencatatan Domisili (Alien's Registration Card/ Certificate). Biaya pengajuan visa Jepang kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga ini bervariasi tergantung dengan jenis visa yang akan kamu gunakan, single entry atau double/multiple entries. Untuk single entry bisa visa sebesar Rp 380 ribu per orang, sedangkan untuk double/multiple entries biasa visa sebesar Rp 770 ribu per orang.

Selain itu, ada biaya proses aplikasi sebesar Rp 165 ribu per orang. 1. Dokumen persyaratan visa tidak boleh distaples. Diharuskan selalu menggunakan klip kertas dan jangan menggunakan staples untuk menyatukan dokumen aplikasi visa.

2. Jangan gunakan kertas selain A4. Diharuskan selalu menggunakan kertas A4 untuk semua dokumen aplikasi visa (form aplikasi, fotokopi KTP, reservasi tiket, jadwal perjalanan, surat keterangan kerja, bukti hubungan keluarga, surat undangan, surat jaminan, dan fotokopi bukti keuangan, dll) dan tidak boleh menggunakan kertas F4 maupun jenis kertas lainnya, selain A4. 3. Tempelkan foto dengan lem agar benar benar melekat dan tidak terlepas.

4. Semua dokumen harus dalam keadaan rapi tidak boleh dilipat atau ditekuk. Perlu diketahui bahwa Pusat Aplikasi Visa Jepang hanya menerima pemohon visa yang berjuridiksi yang dibagikan berdasarkan KTP pemohon visa. Berikut wilayah yuridiksi kepengurusan visa Jepang:

Jalan M.H. Thamrin No. 24, Jakarta 10350 Wilayah Yurisdiksi: Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung Gedung Wisma Kalla Lantai 7 Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 8 10, Makassar Wilayah Yurisdiksi: Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua (Irian Jaya), Papua Barat Jalan Sumatera No. 93, Surabaya Wilayah Yurisdiksi: Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan

Jalan Raya Puputan No.170, Renon, Denpasar, Bali Wilayah Yurisdiksi: Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur Sinar Mas Land Plaza (Wisma BII), 5th floor Jalan Pangeran Diponegoro No. 18, Medan, Sumatera Utara Wilayah Yurisdiksi: Aceh Nangroe Darusalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau Proses aplikasi visa memakan waktu 5 hari sejak tanggal pengajuan (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur yang diumumkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia).

Sebaiknya kamu perlu mempersiapkan waktu pengajuan visa yang cukup panjang agar tidak cemas sebelum waktu keberangkatan visamu akan diterima atau tidak. Lebih baik kamu mengajukan visa sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan ke Jepang, supaya bila nanti ada kendala maka bisa diatasi secepatnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close