Kesehatan

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Tanpa wajib Keluar Uang

— Menjaga imunitas tubuh menjadi hal paling mudah dilakukan masyarakat agar tidak terjangkit virus corona. Banyak cara yang dilakukan masyarakat saat ini dalam rangka menjaga imunitas tubuh. Di antaranya dengan memborong obat obatan, multivitamin, hingga bahan bahan herbal seperti jahe dan kunyit.

Dr Ivan Hoesada, M Biomed yang merupakan Medical Consultant HDI menyebutkan ada cara paling mudah dan gratis dalam menjaga imunitas tubuh. Di antaranya dengan melakukan istirahat yang cukup dengan mengatur jadwal tidur. Kemudian olah raga gratis seperti jalan pagi dan menekan faktor stres.

“Yang nggak perlu pakai biaya, tidur cukup, olahraga seperti lari enggak pakai biaya, sampai menekan faktor stres yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Happy juga bisa meningkatkan imunitas,” kata dr Ivan di Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). Selain itu, diusahakan menyantap makanan bernutrisi. Kemudian perhatikan cara masak dari makanan tersebut misalnya kurangi masakan yang diolah setengah matang untuk menghindari bakteri di daging.

Kurangi juga makanan yang dimasak dengan cara dibakar untuk menghindari radikal bebas pada makanan. “Kalau bebasnya tinggi akan memudahkan terjadinya penyakit. Kita ada radikal bebas, tidak sakit karena antioksidannya baik. Tapi kalau keseimbangan antioksidannya menurun, radikal bebas meningkat kita pasti sakit,” kata dr Ivan. Sementara itu, multivitamin maupun ramuan herbal dikonsumsi sebagai tambahan asupan saja.

Hal utama tetap dengan pola makanan dan istirahat yang baik. Pemerintah memastikan, jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia bertambah menjadi empat orang. Selain dua orang yang dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, terdapat dua pasien lagi yang dinyatakan positif.

"Ini kami dapatkan dua orang positif, yang kita sebut sebagai kasus nomor 3 dan 4," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona, Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Yuri menambahkan, dua pasien yang baru diidentifikasi terjangkit virus corona memiliki gejala batuk, pilek. Namun, tidak ada gejala sesak napas.

"Kami harap kondisi intervensi agar bisa baik," ujar Yuri. Keduanya juga terdeteksi pernah melakukan 'close contact' dengan pasien 1 dan 2 yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Kenali ciri ciri pasien terinfeksi virus corona dan kenali bagaimana langkah langkah pencegahannya.

Penyebaran virus Corona semakin meluas dan menjadi permasalahan besar yang berimbas pada dunia. Lalu sebenarnya apa itu Virus Corona yang dapat mematikan ini? Apa penyebab umum tersebarnya virus Corona?

Virus corona ini merupakan virus jenis baru ini bernama 2019 novel coronavirus (2019 nCov) yang pertama kali menjangkitwilayah China. Corona virus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti flu biasa, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah seperti pneumonia dan bronkitis.

Virus ini tersebar dari hewan ke manusia, dalam Journal of Medical Virology , mengatakan bahwa 2019 nCoV kemungkinan berasal dari ular. Organisasi kesehatan dunia (WHO) juga memberikan keterangan berdasarkan informasi dari sejumlah kalangan di China yang menyatakan kalau corona berasal dari penularan oleh kelelawar dan sebangsanya. Lalu apa saja ciri dan gejala dari virus corona? simak gejalanya berikut ini.

Demam Batuk pilek Sulit bernapas/gangguan pernafasan

Sakit tenggorokan Letih lesu Untuk orang yang terjangkit virus corona ini harus segera mendapatkan perawatan khusus seperti di ICU atau perawatan intensif untuk menyelamatkan nyawanya.

Virus corona dapat menyebar melalui infeksi ke orang lain dari berbagai cara. Melalui udara dengan batuk dan bersin atau melalui kontak langsung seperti menyentuh atau berjabat tangan. Maka dari itu kita harus lebih berhati hati dan melakukan pencegahan terhadap tersebarnya virus corona ini.

1. Hindari mengkonsumsi daging dan telur mentah. 2. Hindari area berasap atau merokok. 3. Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah.

4. Rajin mencuci tangan setelah bersin atau batuk. 5. Tutup mulut sebelum batuk atau bersin dengan tisu atau siku, atau gunakan masker. 6. Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang orang.

7. Harus berolahraga dan memiliki waktu istirahat yang tepat. 8. Menjauhi area area keramaian. 9. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol.

10. Jika memasak daging untuk dikonsumsi, sebaiknya Anda memperhatikan tingkat kematangan daging dengan baik. 11. Menggunakan perlindungan atau pengaman tubuh ketika akan melakukan kontak dengan binatang liar atau binatang peliharaan. Jika anda memiliki pertanyaan seputar virus corona, Anda bisa menghubungi 021 5210 411 atau 0812 1212 3119, sebagai langkah kesiapsiagaan penanganan virus corona.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close