Kesehatan

Cek Cara Mendiagnosisnya di Sini Apa itu Kanker Rektum

Ketahui tentang penyakit kanker rektum pada sistem pencernaan. Kanker rektum adalah penyakit di mana sel sel ganas atau kanker terbentuk di jaringan rektum. Rektum merupakan bagian dari sistem pencernaan.

Dikutip dari cancer.gov , sistem pencernaan mengambil nutrisi vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein, dan air dari makanan serta membantu mengeluarkan bahan buangan dari tubuh. Tes yang memeriksa rektum dan usus besar digunakan untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker dubur. Dubur dan dubur kanal membentuk bagian terakhir dari usus besar dan panjangnya 6 8 inci.

Saluran anal berakhir di anus dengan pembukaan usus besar ke bagian luar tubuh. Apapun yang meningkatkan peluang terkena penyakit disebut faktor risiko. Memiliki faktor risiko tidak berarti akan terkena kankerdan tidak memiliki faktor risiko tidak berarti tidak akan terkena kanker.

Memiliki riwayat keluarga dari usus besar atau kanker rektum dalam tingkat pertama relatif (orang tua, saudara, atau anak). Memiliki riwayat pribadi kanker usus besar, rektum, atau indung telur. Memiliki riwayat pribadi adenoma risiko tinggi (polip kolorektal yang berukuran 1 sentimeter atau lebih besar atau yang memiliki sel sel yang terlihat abnormal di bawah mikroskop).

Setelah mewarisi perubahan gen tertentu yang meningkatkan risiko poliposis adenomatosa familial (FAP) atau sindrom Lynch (kanker kolorektal nonpolyposis herediter). Memiliki riwayat pribadi kolitis ulserativa kronis atau penyakit Crohn selama 8 tahun atau lebih. Minum tiga atau lebih minuman beralkohol per hari.

Merokok. Gemuk. Usia yang lebih tua adalah faktor risiko utama untuk sebagian besar kanker.

Peluang terkena kanker meningkat seiring bertambahnya usia. Pemeriksaan tubuh untuk memeriksa tanda tanda umum kesehatan, termasuk memeriksa tanda tanda penyakit, seperti benjolan atau apa pun yang tampaknya tidak biasa. Riwayat kebiasaan kesehatan pasien dan penyakit serta perawatan masa lalu juga akan diambil.

Digital rectal exam (DRE) merupakan pemeriksaan rektum. Dokter atau perawat akan memasukkan jari yang diberi cairan, bersarung tangan ke bagian bawah rektum untuk merasakan adanya benjolan atau hal lain yang tampaknya tidak biasa. Pada wanita, vagina juga bisa diperiksa.

Kolonoskopi adalah sebuah tabung tipis dan terang dimasukkan melalui anus dan rektum ke dalam usus besar untuk mencari daerah yang tidak normal. Pengangkatan sel atau jaringan sehingga mereka dapat dilihat di bawah mikroskop untuk memeriksa tanda tanda kanker. Jaringan tumor yang dikeluarkan selama biopsi dapat diperiksa untuk melihat apakah pasien kemungkinan memiliki mutasi gen yang menyebabkan HNPCC.

Kanker dapat menyebar melalui jaringan, sistem getah bening, dan darah: Tisu Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan tumbuh ke daerah terdekat.

Sistem getah bening Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan masuk ke sistem getah bening. Kanker berjalan melalui pembuluh getah bening ke bagian lain dari tubuh. Darah

Kanker menyebar dari tempat itu dimulai dengan masuk ke dalam darah. Kanker berjalan melalui pembuluh darah ke bagian lain dari tubuh.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close