Internasional

Dapat 1.000 Ekor Ayam dengan Harga Setara Rp21 Ribu Pria di Selandia Baru Salah Baca Iklan Lelang

Seorang pria dari Kota Hamilton, Selandia Baru mendapatkan lelang tak terduga. Pria bernama Steve Morrow ini mendapatkan 1.000 ekor ayam hanya dengan harga 1,50 dolar AS atau sekitar Rp 21.050. Mengutip laman stuff.co.nz, awalnya Steve melihat bagian "urgent sale" atau 'dijual cepat' pada situs web lelang internet Trade Me.

Steve mengira, ia hanya akan membeli satu ekor ayam. Pria ini juga hanya berniat untuk menyelamatkan satu ekor ayam yang membutuhkan rumah. Namun, ketika Steve diumumkan sebagai pemenang lelang pada Minggu (3/11/2019) pukul 11.00 waktu setempat, sang penjual Matthew Blomfield mengatakan, Steve telah membeli ayam berjumlah seribu ekor.

Dalam iklan lelang, tertulis bahwa sebuah peternakan ayam petelur free range (jelajah bebas/umbaran) yang berbasis di Massey, Auckland Barat ditutup dan harus dikosongkan pada Senin (4/11/2019). Iklan itu tercantum kalimat, "As a matter of urgency, we need to move approximately 1000 hens." (Karena hal yang mendesak, kami harus memindahkan sekitar seribu ekor ayam betina).

Namun, iklan lelang ayam yang dipasang Matthew Blomfield sedikit membingungkan. Kata dalam iklan penjualan itu tertulis untuk "one 1000" (satu 1000) ayam petelur brown shaver dan keturunan highline dengan beragam usia. Steve Morrow mengatakan, ia mengira penawar (bidder) tertinggi dapat mengambil ayam sebanyak yang diinginkan.

Sehingga, penjualnya akan tetap melanjutkan lelang untuk menjual ayam lain yang tersisa sampai habis. Steve Morrow mengatakan, ia memasang auto bid senilai 20 dolar AS dan mengira, ia akan mendapatkan setidaknya dua ekor ayam. "Ketika lelang ditutup, saya pikir, 'ini hebat'. Saya bisa mengambil ayam sebanyak yang saya mau," kata Steve.

"Tapi, ketika saya bicara dengan penjualnya, ia mengatakan itu buat 1.000 ekor ayam… Astaga… saya pun terkejut," lanjut Steve. Steve bahkan mengatakan, ia telah membaca iklan lelangnya lebih dari tiga kali. Menurut Steve, susunan kata dalam iklan lelang itu membingungkan.

Namun, Matthew menyanggahnya. Matthew mengatakan kepada Stuff, iklannya sudah sangat jelas. Iklan itu menyebutkan frasa '1.000 ekor ayam' tiga kali; satu kali di judul dan dua kali di deskripsi iklan.

"[Iklan] itu sangat sulit untuk disalahpahami," kata Matthew. Matthew mengatakan, ia juga telah mengontak Steve Morrow dan percakapan dengannya setelah lelang menunjukkan bahwa sang pembeli sangat senang. "Kami telah membahas logistik di balik ini semua, ia mengatakan ia bekerja di sebuah peternakan. Tapi, selama akhir pekan kemarin, saya sempat mengira itu sudah jelas baginya bahwa 1.000 ekor ayam memang agak terlalu banyak dan mungkin dia berubah pikiran," kata Matthew.

Matthew Blomfield mengatakan, Steve Morrow harus diberi apresiasi karena tetap melunasi pembeliannya danberusaha menemukan rumah baru bagi ayam ayam itu. Mengetahui banyaknya jumlah ayam yang ia beli, Steve memang merasa harus mencarikan rumah untuk seribu ekor ayam tersebut. Kemudian, Steve Morrow memanfaatkan media sosial, ia meminta tolong kepada orang orang untuk mencarikan rumah baru bagi 1.000 ayam yang ia beli tanpa sengaja.

Ia pun mendapat respon yang luar biasa. Matthew mengatakan, "Dia [Steve] tidak hanya membuat kesalahan dan tidak mencari solusi. Ia mengontak Animal Sanctuary dan mereka membantu kami mewawancarai orang orang yang berminat kami ingin memastikan ayam ayam ini mendapat rumah yang aman." Steve Morrow juga mengatakan, dia tak akan membiarkan seribu ekor ayam itu mati.

"Saya tidak akan membiarkan itu terjadi. Saya akan menyelamatkan seribu nyawa, meskipun saya harus menyetir sampai ke Auckland dan memberi makan ayam ayam itu sendiri sembari mencarikan rumah buat mereka," kata Steve. Pemilik Animal Sanctuary, Shawn Bishop, mengatakan bahwa Steve Morrow adalah pria yang hebat. Sebab, Steve telah mengusahakan rumah rumah baru untuk ayam ayam ini.

Pihaknya telah mewawancarai ratusan orang yang berminat mengambil ayam. Lebih dari 700 ayam telah mendapatkan rumah baru. Sementara itu, Steve Morrow mengatakan dirinya akan mengambil 20 ekor ayam.

"Reaksi warganet di media sosial sangat luar biasa. Saya mengunggah postingan itu karena saya benar benar ingin melihat ayam ayam ini tetap hidup. Susunan kata dalam iklan lelangnya memang agak membingungkan, tapi saya senang ayam ayam ini akhirnya selamat," kata Steve.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close