Nasional

Dengan Bahasa Tubuhnya Kita Paham Pujian Menlu Retno Marsudi buat Jokowi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengaku agak sulit membedakan kapan saat Presiden Jokowi marah, kadang biasa saja. Lima tahun membantu Jokowi, Menlu Rini mengaku kerap membaca bahasa tubuh presiden. Retno menuturkan sosok Jokowi sangat baik dalam mengelola emosi. Menurut Retno, ia jarang melihat Jokowi marah. "Enggak mau diomongin," ujar Menlu Rini sambil tertawa kecil saat ditanya apakah kerap mendapat pujian dari Jokowi. "Dengan beban beliau yang begitu banyak itu, sangat jarang beliau keliatan marah dan sebagainya. Jadi beliau itu bisa mengelola emosinya. Demikian juga, katakanlah sedang happy , beliau dapat kelola. Kita bisa rasakan energi itu, karena sudah bersama selama 5 tahun," lanjutnya.

Kapan kira kira Presiden meminta maksimal bekerja, cerita Menlu Retno lagi, dan kapan menyampaikan was, oke well done . "Tentunya, dengan bahasa yang baik. Kadang kadang dengan bahasa tubuhnya, kita paham. Membaca bahasa tubuh Jokowi," aku Menlu Retno. Soliditas tim, diakuinya yang paling dirasa saat membantu Presiden Jokowi di kabinet selama lima tahun. Team work yang solid di Kementerian Luar Negeri, komunikasi tanpa batas waktu, dan sama sekali tak ada batas jenjang. "Karena culture yang dibangun itu adalah komunikasi tanpa hambatan. Dunia ini cepat sekali. Jadi misalnya ada satu peristiwa, kita kan harus merespon peristiwa tersebut," ungkapnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close