Travel

Dua Pulau di Sumatra Ini Tenggelam Dampak Naiknya Permukaan Laut

Perubahan iklimglobalkini makin menunjukkan pengaruhnya di berbagai penjuru dunia. Bahkan diIndonesia, dampakperubahan iklimini juga mulai terlihat. Melansir dari The Star , duapulaudiSumatradilaporkan telahtenggelam.

Tenggelamnya kedua pulau di Sumatra iniakibat naiknya permukaan airlautsebagai dampak dariperubahan iklim. Menurut data dari Wahana Lingkungan HidupIndonesia(Walhi), duapulauyang dimaksud, Betet dan Gundul, telah terendam pada kedalaman 1m dan 3m di bawah permukaanlaut. “Pulau pulauini tidak berpenghuni. Satupulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak Sembilang,”ujar direktur eksekutif WalhiSumatraSelatan, Hairul Sobri.

Jika kenaikan permukaan laut terus berlanjut, maka empat pulau lainnya, yaitu Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo dan Pulau Kramat,akan kena dampak selanjutnya karenaberada di kisaran 0msampai 3m di atas permukaan laut. Saat ini, ada 23 pulau kecil di pantai timur Banyuasin, Sumatra Selatan dan beberapa di antaranya,termasuk Pulau Salah Namo yang hampir tenggelam,masih dihuni orang. Kepala unit lingkungan di Pulau Salah Namo, Syahrul, mengatakan mereka sudah menyadari naiknya permukaan laut danadanya risikopulau ituakan terendam.

Para penduduk pun mulaimemindahkan rumah mereka jauh dari tempatawal rumah mereka dibangun. Syahrul menambahkan awalnya ada lahan besar di depan rumah rumah penduduk di mana mereka dapat melakukansejumlah kegiatan, tapi segalanya telah berubah sekarang. "Tidak ada lahan lagi di depan rumah kami. Banyak orang juga telah pindah dari sini," ujar Syahrul.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close