Pendidikan

E Voting Pemilihan Ketua Umum ILUNI UI Gunakan Aplikasi UI Connect

Pemilihan Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Pusat 2019 2022, akan dilakukan melalui Pemilihan Langsung oleh seluruh anggota biasa melalui metode pemilihan elektronik yang akan berlangsung pada 24 25 Agustus 2019 mendatang. Pemilihan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ILUNI UI dan keputusan Panitia Pengarah Musyawarah Nasional VIII ILUNI UI 2019. Pemilihan Langsung ILUNI UI merupakan pesta demokrasi milik segenap alumni Universitas Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, dan termasuk belahan dunia lainnya.

Ada yang sedikit berbeda kali ini dengan sistem voting yang dipergunakan untuk Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022. Berdasarkan Surat Keputusan 004/ILUNI UI Munas/SC/VI/19, ditetapkan penggunaan UI Connect sebagai aplikasi untuk melakukan e voting. UI Connect merupakan aplikasi yang dicetuskan salah seorang Badan Pengurus Harian (BPH) ILUN UI, Ivan Ahda dan menjadi salah satu program unggulan dari ILUNI UI kepengurusan Arief Budhy Hardono.

UI Connect mencerminkan jargon “Rumah Kita” dari ILUNI UI kepemimpinan Arief Budhy Hardono karena berhasil menjadi wadah berjejaring sosial yang mempertemukan antara seluruh alumni Universitas Indonesia yang mendaftar dan telah diverifikasi. Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022, Tomy Suryatama, Kamis (4/7/2019), mengatakan, jika sebelumnya ILUNI UI menggunakan sistem terpisah untuk e voting, kali ini kami memutuskan untuk menggunakan UI Connect yang merupakan platform jejaring sosial yang berkonsep identitas tunggal alumni UI. "Selain memperkenalkan aplikasi buatan ILUNI UI untuk alumni UI, dengan menggunakan UI Connect akan memberi kemudahan bagi mereka untuk bisa memilih melalui smartphone,” katanya.

Tomy menyebut, tiga tahun lalu, sekitar 13.000 pemilih menggunakan hak suara mereka dalam Pemilihan Ketua Umum ILUNI UI. “Untuk tahun ini sendiri, ILUNI UI mempunyai sekitar 80.000 database. Kami berharap, keikutsertaan alumni UI di tahun ini akan jauh lebih meningkat," kataProf. dr. Budi Sampurna, DFM., S.H., Sp.F(K), SpKP. selaku Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee) Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022. Diharapkan, pemilihan langsung elektronik terbesar di Indonesia, mengingat kami sudah berusaha memfasilitasi pemilih dengan e vote dari UI Connect yang mudah digunakan.

Merujuk pada Anggaran Rumah Tangga (ART) ILUNI UI dan Surat Keputusan Munas No. 005/ILUNI UIMUNAS/SC/VI/19 tanggal 27 Mei 2019, akan ada serangkaian alur dan tahapan pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI UI. Seluruh tahap pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022 akan berlangung pada 24 Juni – 12 Juli 2019. Proses pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022 ditutup tanggal 12 Juli 2019 pada pukul 20.00 WIB (sesuai jam di Sekretariat ILUNI UI, Salemba). Calon Ketua Umum ILUNI UI 2019 2022 akan ditetapkan dan diumumkan pada 15 Juli 2019 setelah proses verifikasi selesai dilakukan, dan pada 24 25 Agustus 2019.

Ketua ILUNI UI saat ini Arief Budhy Hardono dilantik pada Juli 2016. Bersama dengan segenap jajaran pengurus ILUNI UI “Rumah Kita”, Arief Budhy Hardono telah berhasil melaksanakan berbagai program. Program program ini dari mulai program yang meningkatkan keguyuban antar Alumni UI, jejaring bisnis antar Alumni UI, pengabdian masyarakat, bantuan kepada mahasiswa dan almamater sampai program untuk memberikan masukan kepada penyelenggara negara, yang kesemuanya bukan hanya memberi dampak positif, tak hanya untuk almamater Universitas Indonesia, namun juga bagi negeri.

Tiga tahun menjalani kepemimpinan dengan mengusung Rencana Strategis ILUNI UI 2016 2019, yakni Connectivity, Service, dan Legacy, kini Arief Budhy Hardono telah siap untuk menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan pada Ketua Umum ILUNI UI beserta kepengurusan periode 2019 2022. “Tiga tahun rasanya berlalu dengan cepat, namun Alhamdulillah ILUNI UI telah berhasil melaksanakan ratusan lebih program yang dapat dirasakan manfaatnya oleh para alumni UI, dan masyarakat Indonesia secara umum,” kata Arief Budhy Hardono. Arief Budhy Hardono berharap Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI untuk periode 2019 2022 dapat berjalan dengan lancar.

"Dan ILUNI UI akan menemukan pemimpin yang dapat menjalankan amanah dengan baik dan meneruskan legacy yang telah ditinggalkan ILUNI UI kepengurusan sebelumnya,” katanya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close