Travel

Gara-gara Mabuk & Kebelet Pipis 6 Kelakuan Penumpang Pesawat yang Nekat Buka Pintu Darurat

Kelakuan penumpang buruk di pesawat sering kali membuat awak kabin harus ekstra sabar. Beberapa kelakuan penumpang pesawat ini dianggap kurang etis hingga ada yang membahayakan seluruh penumpang. Satu di antaranya kejadian penumpang secara sengaja membuka pintu darurat pesawat dalam penerbangan.

Seperti merasa gerah di dalam pesawat atau karena bingung mencari pintu toilet pesawat. Baru baru ini viral di medsos seorang pria berusia 30 tahun membuka pintu darurat pesawat bagian kanan. Insiden tersebut terjadi dalam penerbangan rute Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menuju Bandara Robert Atty Bessing.

Aksi tersebut terjadi secara tiba tiba ketika penumpang berinisial PMP membuka pintu darurat saat sedang persiapan penerbangan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat. Kejadian yang berlangsung awal Februari 2020 ini mengakibatkan seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali menuju ruang tunggu keberangkatan untuk pengecekan lebih lanjut. Akibat aksi pria tersebut, pesawat harus menunda penerbangan sekira 165 menit yang seharusnya dijadwalkan terbang pukul 08.15 waktu setempat.

Seorang penumpang yang membuat heboh kru pesawat dan penumpang lainnya dengan aksi merusak pintu darurat pesawat. Penumpang pria tersebut diduga dalam keadaan mabuk dan kemudian merusak pintu darurat pesawat. Pria tersebut 'menjebol' pintu darurat pesawat dengan melepaskan engselnya.

Kejadian tersebut bermula saat pesawat yang akan melakukan penerbangan rute Chiang Mai ke Bangkok dengan maskapai Thai Smile ini harus menghentikan jadwal penerbangannya. Atas tindakan mengerikan ini, staf keamanan bandara langsung menangkap pria itu. Kejadian ini berlangsung pada November 2019 lalu dalam penerbangan rute Bandara Internasional Chiang Mai ke Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok.

Kejadian yang berlangsung pada Senin (23/9/2019) lalu ini menunjukkan seorang penumpang nekat membuka pintu darurat pesawat. Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Xiamen Air MF8215 dari Wuhan ke Lanzhou, yang dijadwalkan lepas landas pukul 15:45 waktu setempat, seperti dikutip dari South China Morning Post. Alasannya pun cukup membuat geleng geleng kepala, penumpang wanita berusia 50 tahun an itu rupanya membutuhkan udara segar.

Karena merasa gerah dan butuh udara segar, penumpang itu langsung menyentuh tombol untuk membuka pintu darurat pesawat ketika pramugari berbalik untuk membantu penumpang lainnya. Akibat kejadian ini, penumpang yang tidak disebutkan identitasnya tersebut langsung dibawa keluar oleh kru penerbangan. Seorang penumpang pesawat Pakistan International Airlines (PIA) telah salah membuka pintu toilet yang ternyata adalah pintu darurat pesawat.

Peristiwa yang terjadi pada Jumat (7/6/2019) itu, penumpang berusia 40 tahun terpaksa diturunkan setelah insiden salah membuka pintu. Penumpang lanjut usia tersebut berusaha membuka pintu darurat ketika pesawat mendarat di Bandara Manchester. Aksi tersebut dilakukan karena penumpang itu ingin mencari toilet namun salah membuka pintu.

Penumpang pria berusia 20 an ini memicu kepanikan kru pesawat karena membuka pintu darurat. Bukan tanpa alasan, pria itu rupanya membuka pintu darurat karena dikira pintu toilet. Kejadian tersebut berlangsung dalam penerbangan maskapai GoAir dari New Delhi menuju ke Patna, akhir pekan September 2018 silam.

Penumpang yang tak disebutkan identitasnya tersebut lalu diamankan dan diawasi oleh kru pesawat selama penerbangan. Setibanya di Patna, kru kabin menyerahkan pria tersebut kepada Aparat Keamanan Industrial Pusat (CISF) yang kemudian menyerahkannya kepada polisi. Setelah menjalani pemeriksaan, polisi memercayai alasan pria itu yang awalnya harus segera ke toilet dan salah membuka pintu darurat.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, pria yang diketahui asal Kankarbagh tersebut ternyata baru pertama kali naik pesawat. Seorang penumpang dengan sengaja membuka pintu darurat pesawat karena alasan gerah. Penumpang yang diketahui bernama Cheng itu mengaku jika kurang mendapat udara segar di dalam pesawat.

Cheng yang kala itu naik pesawat Lucky Air, 8L9720 , mengatakan dia menarik pegangan di sampingnya dan berpikir jika itu akan membuka jendela. Namun setelah dilakukan ternyata penumpang itu terkejut karena yang terbuka justru pintu darurat pesawat. Menurut pengakuan kepada pihak berwajib, Cheng mengatakan jika ia tidak menyadari apabila pegangan yang ditariknya adalah pintu darurat pesawat.

Kejadian yang berlangsung pada Mei 2018 itu mengakibatkan penumpang berusia 25 tahun ditahan selama 15 hari.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close