Bisnis

GIIAS 2019, Astra Financial Targetkan Pembiayaan Rp 1 Triliun

Astra Financial menargetkan pembiayaan sebesar Rp 1 triliun selama pelaksanaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang Selatan, 18 28 Juli 2019. Jumlah itu sama seperti pencapaian GIIAS tahun lalu dengan melihat kondisi pasar kendaraan yang masih suram. “Kondisi ekonomi lagi lesu, daya beli masyarakat turun. Apalagi tahun ini merupakan tahun politik yang berdampak pada menurunnya penjualan otomotif,” ujar Project Director GIIAS 2019 Astra Financial yang juga Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim di sela sela pameran GIIAS 2019, Sabtu (20/7/2019).

Gunawan menjelaskan, target pembiayaan Rp 1 triliun itu berasal dari sekitar 4.500 aplikasi pengajuan kredit selama pameran berlangsung. Walaupun tidak mematok target muluk muluk, Gunawan mengaku terkejut melihat fenomena yang terjadi di GIIAS 2019 ini. Soalnya, kata dia, saat hari pertama GIIAS 2019 dibuka untuk umum, pengunjung sudah membeludak. Animo masyarakat ternyata tinggi, lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

Tahun lalu, pada hari pertama sama sekali tidak ada pengajuan kredit di sembilan booth Astra Financial. Tahun ini, di hari pertama sudah enam aplikasi. Tak hanya di Astra Financial, di booth ATPM juga meningkat. Contohnya di Daihatsu, tahun lalu sebanyak 10 surat pemesanan kendaraan (SPK) pada hari pertama, tahun ini mencapai 19 SPK.

“Saya tidak tahu ini fenomena apa. Mungkin karena selama ini konsumen menahan diri untuk membeli mobil. Kita semua berharap ini berlanjut membaik di semester kedua. Meskipun perolehan sesuai tahun lalu saja sudah bagus,” kata dia. Diakui, khusus asuransi Astra, saat ini penurunan penjualan otomotif cukup berdampak besar. Apalagi, sekitar 50 persen pendapatan asuransi Astra diperoleh dari asuransi kendaraan bermotor, sisanya 30 persen dari segmen komersial, dan 20 persen dari kesehatan.

“Saat otomotif turun, ternyata kontribusi dari segmen komersial seperti properti dan alat berat, juga segmen kesehatan yang sedang naik. Makanya semester satu ini bisa tertutupi dari kenaikan kedua segmen itu,” tambahnya. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan (whole sales) otomotif di Semester I 2019 atau sepanjang Januari Juni 2019 sebanyak 481.577 unit atau anjlok 14,99 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 553.773 unit. Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menilai, ada dua faktor penyebab turunnya penjualan otomotif yakni pertumbuhan ekonomi tidak seperti yang diharapkan dan adanya konsentrasi masyarakat ke Pemilu 2019.

“Masyarakat belum berpikir membeli mobil atau ganti mobil,” kata Jongkie di sela sela pembukaan GIIAS 2019. Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka GIIAS 2019, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pelaksanaan pemilu mempengaruhi penjualan mobil di Semester I 2019. Pada periode itu, banyak konsumen menahan pembelian mobil. Airlangga memperkirakan penjualan mobil akan meningkat pada Semester II dan bisa mencapai angka penjualan lebih dari 1,1 juta unit. Selain karena Pemilu sudah usai, juga adanya GIIAS yang bisa mendorong penjualan mobil terutama dengan banyaknya peluncuran varian mobil baru.

Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Bidang Statistika Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Trinita Situmeang mengakui, terjadi stagnasi pada pendapatan premi bruto kendaraan bermotor. Hal itu terlihat dari pencapaian pada kuartal pertama 2019. AAUI menganalisa data 75 perusahaan asuransi mencatatkan pertumbuhan premi bruto hingga 19 persen. Dijelaskan, pertumbuhan premi bruto yang terbesar secara persentasi terjadi pada lini usaha asuransi kredit. Namun, pertumbuhan terbesar secara nominal dicatatkan asuransi properti.

Sementara itu, Gunawan melanjutkan, GIIAS 2019 sebenarnya bukan untuk ajang jualan, melainkan sebagai upaya “membuka pintu” agar orang makin mengenal Astra Financial. Hal itu juga diterapkan semua peserta pameran. “Makanya di GIIAS ini kami lebih fokus pada edukasi kepada masyarakat tentang Astra Financial dan layanannya,” tutur dia. Dalam pameran otomotif terbesar itu, ada enam lembaga jasa keuangan Astra Financial yang mendukung penuh GIIAS 2019 sebagai sponsor utama. Enam LJK itu yakni Bank Permata, ACC, FIF Group, TAF, Asuransi Astra, dan Astra Life.

Gunawan menjelaskan, sejumlah program menarik ditawarkan enam LJK bagian dari Astra Financial. Seperti dari TAF dan ACC yang menghadirkan program Bunga Spesial mulai dari 0% dan kesempatan mendapatkan hadiah langsung untuk setiap SPK Kendaraan. Lalu, ada ribuan hadiah langsung tersedia bagi pembiayaan yang telah disetujui seperti iPhone XS, Apple Watch, dan ribuan hadiah menarik lainnya. Sedangkan dari pembiayaan sepeda motor, FIF Group menghadirkan program Bunga 0 persen dan DP mulai dari 20 persen, serta hemat angsuran hingga Rp 3,5 juta. FIF juga mengadakan program Lucky Dip, sehingga pengunjung akan memiliki kesempatan mendapatkan hadiah langsung setiap harinya selama pameran.

Selanjutnya dari Asuransi Astra tersedia Gratis Gift Set untuk pembeli asuransi komprehensif Garda Oto kepada 150 pembeli tunai pertama. Lalu, dari Astra life juga memberikan special cash Back program untuk pembelian asuransi jiwa individu. Selama GIIAS 2019 ini, Astra Life juga turut menghadirkan perlindungan jiwa untuk kredit kendaraan khusus nasabah TAF dan ACC. Dari PermataBank, juga menghadirkan program menarik bagi pengunjung GIIAS Jakarta 2019, yaitu berupa cash back 10 persen setiap hari di seluruh SPBU dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi pengunjung yang membuka rekening PermataTabungan Bebas dan/atau kartu kredit AstraWorld PermataCard.

Selain menghadirkan berbagai program menarik, pada pameran GIIAS Jakarta 2019 Astra Financial juga akan memberikan nilai tambah kepada para pengunjung melalui hiburan atau permainan di booth Astra Financial. “Ada enam booth Astra Financial di GIIAS Jakarta 2019. Pada setiap booth kami akan menghadirkan hiburan atau permainan yang berbeda beda. Bagi pengunjung yang berpartisipiasi akan mendapatkan merchandise eksklusif dari Astra Financial,” kata Gunawan. Astra Financial tahun ini juga mengajak seluruh pengunjung GIIAS untuk berpartisipasi dalam kegiatan I Care, I Share. Lewat program itu para pengunjung akan diajak menuliskan financial goals mereka.

Setiap goal yang mereka sampaikan akan dikonversikan dalam bentuk donasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Tangerang. Gunawan menjelaskan, dengan berbagai aktivitas menarik itu, diharapkan jumlah pengunjung di booth Astra Financial bisa meningkat. Tahun lalu, sebanyak 38.000 pengunjung datang ke booth Astra Financial. Tahun ini diperkirakan meningkat menjadi 50.000 pengunjung.

Khusus di GIIAS Jakarta, Astra Financial juga memberikan edukasi literasi keuangan kepada masyarakat lewat permainan digital. Sejumlah permainan lewat aplikasi digital dan permainan permainan edukatif dan interaktif bertemakan literasi keuangan yang khusus disiapkan bagi pengunjung GIIAS di setiap booth Astra Financial.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close