Pendidikan

Hasil Ujian Tulis UGM Diumumkan Hari Ini, Cek Link Pengumuman Disini!

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, Hasil Ujian Tulis (UTUL) Universitas Gadjah Mada (UGM) akan diumumkan malam ini Selasa (23/7/2019) pukul 22.00 WIB. Pengumuman hasil UTUL UGM dapat diakses melalui laman mulai jam 22.00 WIB. Peserta yang ingin melihat pengumuman hasil UTUL UGM diminta login menggunakan akun yang bersangkutan terlebih dulu.

Sebelumnya, UTUL UGM yang telah dilaksanakan pada Minggu 14 Juli 2019 lalu ini diikuti sebanyak 45.356 orang. UTUL UGM diselenggarakan secara serentak di lima kota besar di Indonesia, yakni Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru dan Medan. UTUL merupakan seleksi mahasiswa baru UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM.

Kuota yang disediakan melalui jalur UTUL sendiri yakni 30 persen dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana, atau sekitar 2.060 mahasiswa. Sebanyak 45.356 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Ujian Tulis (UTUL) Universitas Gadjah Mada untuk penerimaan mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma IV/Sarjana Terapan pada Minggu (14/7). Panut Mulyono, Rektor UGM mengungkapkan, UTUL sendiri merupakan seleksi mahasiswa baru UGM yang menggunakan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM.

Untuk kuota yang disediakan sendiri yakni 30% dari total kuota mahasiswa baru untuk program sarjana, atau sekitar 2.060 mahasiswa. "Selain untuk mahasiswa baru Sarjana, UTUL ini juga diperuntukkan bagi mahasiswa Diploma IV/ Sarjana Terapan. Untuk kouta Diploma IV untuk jalur ini juga sebanyak 30%, atau sejumlah 250 mahasiswa baru pada 1 program studi Diploma IV," ungkapnya. Panut menjelaskan, selain memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang belum lolos seleksi SNMPTN serta SBMPTN,

UTUL juga memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti. "Selain UTUL, sebelumnya UGM juga telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lewat jalur SBMPTN. Dalam kesempatan ini, kami juga menggandeng beberapa kampus dan sekolah sebagai lokasi pelaksanaan ujian, seperti SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta,” terangnya Sebelumnya UGM telah menerima 1.728 calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan 3.131 mahasiswa lewat jalur SBMPTN.

Adapun pola seleksi lewat jalur UTUL memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019, 2018, dan 2017 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma sesuai dengan kelompok UTBK yang diikuti. 1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek). 2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).

3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum). Setiap peserta sebelumnya mengikuti kelompok ujian Saintek, atau Soshum, atau Campuran. Jika anda diterima melalui jalur seleksi ini calon mahasiswa barudan orang tua perlu tahu soal uang Kuliah Tunggal (UKT).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sebagian dari Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi. Catatanum.ugm.ac.idUKT UGM 2019 sama dengan UKT 2018. Kategori kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT) Program Sarjana jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis, PBU (kluster IPTEKS atau kluster Olahraga atau kluster Seni) tahun 2019 sama seperti UKT tahun 2018 yaitu berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor: 590/UN1.P/SK/HUKOR/2018 berikut ini:

1. UKT 0 Peserta Bidikmisi 2. UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000 3. UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000

4. UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000 5. UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000 6. UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000

7. UKT 6 10.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000 8. UKT 7 20.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000 9. UKT 8 Penghasilan > 30.000.000.

Bagi para peserta yang telah mengikuti Ujian Tulis (UTUL) di Universitas Gadjah Mada, namun belum juga diterima, Maka pada peserta tersebut bisa mendaftar kembali untuk mengikuti seleksi Sekolah Vokasi UGM gelombang kedua dengan melalui Jalur NilaiUTUL. Jalur NilaiUTULsendiri merupakan seleksi Program Diploma IV/Sarjana Terapan UGM yang menggunakan pola pengolahan hasilUTUL.

Sri Peni Wastutiningsih, Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM menerangkan, untuk Jalur NilaiUTULini para pesertaUTULtidak perlu mengikuti tes tambahan lainnya, Dan hanya perlu melakukan login ke laman um.ugm.ac.id/admisidengan menggunakan akun pendaftaran yang sama yang dipergunakan pada saat mendaftarUTUL "Mereka dapat memilih jalur SV gelombang 2 untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring.Nantinya pada pendaftar bisa memilih dua program studi (prodi) Diploma IV/Sarjana Terapan sesuai dengan kelompok seleksi yang dipilih saat mengikutiUTUL. Semisal saatUTULpendaftar ini mengikuti kelompok ujian Saintek, dia hanya dapat memilih program studi Saintek, begitu pun dengan yang Soshum. Kalau yang Campuran dapat memilih program studi Saintek dan/atau Soshum," ungkapnya

Dia menerangkan jika pendaftaran online seleksi Jalur NilaiUTULini sudah dibuka sejak 9 Juli 2019, dan akan berakhir pada 27 Juli 2019. Sedangkan pengumuman akan disampaikan pada 29 Juli 2019. "Pertimbangan memakai nilaiUTUL, karena dari segi waktunya tidak mungkin lagi. Sementara PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru) di UGM sudah akan dimulai pada 3 Agustus mendatang. Disisi lain ada Peraturan Menteri yang mengatakan seleksi mandiri PTN harus diselenggarakan setelah pengumuman SBMPTN," katanya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sekolah Vokasi UGM, Agus Nugroho menjelaskan jika saat ini sudah ada 13 Program Studi Diploma 4/Sarjana Terapan yang sudah bisa dipilih di Sekolah Vokasi UGM. Ketiga belas Program Studi tersebut yakni Manajemen dan Penilaian Properti, Perbankan, Akutansi Sektor Publik, Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Teknologi Rekayasa Mesin, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Teknologi Rekayasa Elektro, Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol. Manajemen Informasi Kesehatan, Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat, Teknologi Rekayasa Internet, serta Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil.

Sementara itu, saat ini pihaknya juga sedang mengusahakan 7 tambahan Program Studi untuk bisa hadir di Sekolah Vokasi UGM sebelum penutupan Jalur NilaiUTUL. Sehingga para peserta juga bisa memilih ketujuh tambahan Program Studi lainnya. "Yang lima prodi dalam proses untuk mendapatkan akreditasi BAN PT. Mudah mudahan minggu ini bisa keluar. Kelima Program Studi tersebut yakni Rekayasa Pengelolaan Hutan, Teknologi Veteriner, Sistem Informasi Geografis, Teknologi Survei dan Pemetaan Dasar, Pengembangan Produk Agroindustri. Untuk yang dua tersisa yang kami usulkan yakni Bisnis Perjalanan Wisata dan Bahasa Inggris," ungkapnya.

Sementara, tahun ini pihaknya juga sedang mengusahakan mengusulkan satu lagi Program Studi, yakni D4 Teknik Sipil. Sehingga total secara keseluruhan jumlah Program Studi yang ingin dicapai Sekolah Vokasi UGM pada tahun ini ada 21 Program Studi.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close