Internasional

Indonesia Jadi Resep Rahasia Obama Tetap Tenang Pimpin Amerika Serikat selama 8 Tahun

Indonesia jadi rahasia Barack Obama, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) tetap tenang selama memimpin di Gedung Putih. Delapan tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Barack Obama memimpin AS di bawah pemerintahannya. Ketenangan Barack Obama di setiap momen ketika memimpin AS ternyata tak luput dari Indonesia, negara di mana dirinya pernah tumbuh.

Indonesiamempunyai tempat khusus bagi mantan Presiden Amerika Serikat (AS), BarackObama, yang hadir sebagai pembicara diSingapura. Dalam acara bertajuk "In Conversation with President Barack Obama", dia menyinggung latar belakangnya yang pernah tinggal di Indonesia sebagai resep mengapa dia terlihat tenang dan tidak stres. Oleh moderator Nicholas Fang, Obama ditanya mengenai problematik yang dia hadapi saat menjabat di Gedung Putih 2009 sampai 2017 lalu.

Saat itu, suami Michelle Obama tersebut menyebut 800.000 lapangan kerja yang hilang enam bulan sebelum dia menjadi orang nomor satu AS. Total, dia mengalkulasi ada sekitar delapan juta lapangan kerja lenyap. Belum lagi dia mewarisi Perang Irak dan Afghanistan. Namun, semua masalah itu bisa dia hadapi dengan tenang sehingga menarik minat Fang untuk menanyakan apa resepnya.

“Itu karena latar belakang saya yang bercampur Hawaii dan Indonesia.” ucap Obama yang disambut gelak tawa hadirin, termasuk Kompas.com , yang berkesempatan hadir dalam acara bergengsi ini. Diketahui, Obama sempat tinggal di Jakarta, tepatnya di Menteng Dalam, pada 1967 hingga 1971 bersama ibunya Ann Dunham mengikuti ayah tirinya, Lolo Oetoro. Selama empat tahun di Indonesia, dia bersekolah di SD Katolik Santo Fransiskus Asisi dan SD Negeri Menteng 01 sebelum kembali ke Honolulu, Hawaii.

Ayah dari Malia dan Sasha itu kemudian membeberkan bagaimana percampuran Hawaii dan Indonesia itu bisa membantunya selama delapan tahun di Gedung Putih. Obama menjelaskan, dia tidak menjadi tinggi hati ketika melihat wajahnya bersebaran di poster atau mengisi halaman depan majalah bergengsi. Ketenangan itu juga yang membuat suami Michelle Obama tersebut tidak mengalami banyak perubahan selepas meninggalkan Gedung Putih pada 2017.

“Saya rasa Michelle atau teman saya yang lain dapat mengkonfirmasi bahwa saya sesungguhnya tidak banyak berubah ketika menjabat sebagai presiden," terangnya. Presiden dari Partai Demokrat ini kemudian membagikan kisah bahwa dia dan sang istri selalu menambahkan bumbu humor dalam berbagai hal. "Kami selalu bekerja dengan serius. Tetapi, kami juga tidak lupa untuk menertawai diri kami sendiri," tutur mantan Senator Illinois tersebut.

Acara berdurasi sekitar satu jam itu berlangsung cair karena Obama yang tampil santai dengan jas hitam dan kemeja biru berkali kali melemparkan guyonan. Politisi 58 tahun itu mengatakan di awal acara, dia senang kembali ke Singapura yang merupakan negara di kawasan Asia Tenggara. Dengan berkelakar, Obama menuturkan berat badannya bisa naik 2,3 kg karena terus disuguhi makanan yang banyak dan sangat lezat selama berada di Negeri "Singa".

“Saya makan banyak kemarin. Bahkan, saya sampai harus situp selama tiga jam agar tidak tersedak.” ujarnya memecahkan keheningan 4.500 hadirin yang memenuhi aula lokasi. Acara tersebut digelar oleh The Growth Faculty, sebuah perusahaan Australia yang khusus menggelar seminar bisnis dengan menghadirkan pembicara ternama internasional. Nama nama besar yang pernah diundang adalah mantan kandidat presiden dari Demokrat Hillary Clinton, peraih Nobel Perdamaian Malala Yousafzai, dan aktor George Clooney.

QS World Rangking baru baru ini merilis daftar 1.000 universitas terbaik dunia. QS World Rangking merupakan sebuah jaringan karir dan pendidikan global terkemuka yang terkoneksi dengan berbagai bidang, yaitu pendidikan tinggi, keahlian dan industri. Metodologi perangkingan yang digunakan adalah dengan cara melakukan penilaian setiap institusi berdasarkan enam indikator.

Di antara keenam indikator tersebut adalah kolaborasi riset dengan pihak internasional, reputasi akademik, reputasi lulusan, dan lain lain. Dengan menggunakan metodologi itu, ada 8 universitas negeri di Indonesia yang masuk ke dalam 1.000 daftar universitas terbaik dunia. Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat teratas di antara universitas negeri lain di Indonesia.

UI bertengger di urutan ke 296 dunia. Meski menduduki yang teratas, rangking yang diraih oleh UI turun empat angka dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 292. Nilai rata rata yang didapatkan UI adalah 34,7 dari enam indikator QS World Rangking. UI juga mendapat predikat "high" di bidang riset.

Almamater Presiden Joko Widodo ini menduduki perangkat kedua universitas negeri terbaik di Indonesia. UGM bertengger di urutan ke 320 dunia, jauh lebih baik dibandingkat peringkat sebelumnya, 391. Nilai rata rata yang didapatkan UGM adalah 33,2 dari enam indikator penilaian.

Di bidang riset, UGM hanya mendapatkan predikat "medium". Peringkat selanjutnya, diduduki oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). ITB menempati peringkat ketiga universitas negeri terbaik Indonesia.

ITB menduduki urutan ke 331 dunia, lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang menduduki peringkat ke 359. Nilai rata rata yang didapatkan oleh ITB adalah 32,3. Dalam hal riset, ITB mendapat prediket "very high" dari QS World Rangking dan menjadi kategori terbaik di antara kampus di Indonesia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) menduduki peringkat keempat sebagai kampus negeri terbaik di Indonesia. Dalam daftar 1.000 kampus terbaik dunia, IPB bertengger di posisi 601 650 atau naik beberapa peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang menempati posisi 701 750. IPB mendapat predikat "high" di bidang penelitian.

Universitas Airlangga ( Unair) menempati posisi kelima sebagai kampus negeri terbaik di Indonesia. Dalam jajaran kampus dunia, Unair menduduki rangking 657 700, naik dari posisi 751 800 di tahun lalu. Unair mendapat predikat "medium" di bidang penelitian.

Universitas yang berlokasi di Bandung ini menduduki peringkat keenam sebagai kampus terbaik di Indonesia. Unpad menduduki rangking 751 800 dunia atau turun dari peringkat 651 700 yang mereka capai di tahun sebelumnya. Untuk kategori penelitian, Unpad mendapat predikat "medium" dari QS World Rangking.

Universitas Diponegoro ( Undip) menduduki peringkat ketujuh sebagai kampus negeri terbaik di dunia. Dalam jajaran kampus dunia, Undip menduduki rangking 801 1.000 atau sama dengan peringkat sebelumnya. Untuk kategori penelitian, Undip mendapat predikat "medium" dari QS World Rangking.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) bertengger di posisi kedelapan sebagai kampus negeri terbaik . ITS menduduki peringkat ke 801 1000 dunia, sama dengan pencapaian ITS di tahun lalu. Untuk kategori penelitian, ITS mendapat predikat "medium" dari QS World Rangking.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close