Travel

Ini 5 Kuliner Khas Vietnam yang Wajib Dicoba Selain Roti Bun Cha yang Populer

Roti bun cha merupakan salah satu kuliner khas Vietnam yang banyak ditemukan di Hanoi, ibu kota Vietnam. Meski bun cha populer, masih ada beberapa kuliner khas Vietnam yang patut untuk traveler cicipi saat liburan ke Vietnam. Dikutip dari CNN Travel, berikut lima kuliner khas Vietnam yang menarik untuk dicoba.

Olahan potongan ikan goreng yang dimasak dengan kunyit dan dill ini cukup populer bagi masyarakat Hanoi, bahkan namanya didedikasikan sebagai nama jalan, yakni Jalan Cha Ca. Cha ca sendiri sudah berusia lebih dari 130 tahun. Makanan ini pertama kali ditemukan oleh keluarga Doan lokal, yang menyajikan makanan khusus untuk pasukan selama pemerintahan kolonial Prancis menduduki kota tersebut.

Restoran cha ca yang paling tersohor di Hanoi adalah Ca La Vong, salah satu restoran tertua di Hanoi yang sudah berdiri lebih dari satu abad lamanya. Makanan yang juga disebut dengan kue udang ini hanya memiliki beberapa bahan utama, yakni udang karang air tawar atau udang, tepung, dan ubi jalar. Banh tom biasanya isajikan dengan daun selada untuk pembungkus, ditambah cabai, jus jeruk nipis, dan saus ikan untuk dicelupkan.

Udangnya sendiri dibiarkan utuh di atas kue renyah. Banh tom diperkirakan telah menjadi santapan umum warga Hanoi pada 1930 an ketika pedagang kaki lima mulai berkumpul di sepanjang Jalan Thanh Nien. Segar dan ringan, bun ca menggabungkan kue ikan goreng, dill, tomat, bawang hijau, dan perilla (ramuan seperti mint).

Ketika jam makan siang tiba, kamu bisa menemukan bun ca di sepanjang jalan. "Ada dua jenis mie, dan kemudian pilihan ikan kukus atau goreng. Ini adalah salah satu yang terbaik di kota," kata pendiri Hanoi Street Tours, Mark Lowerson kepada CNN Travel. Bun ca akan lebih menyegarkan jika dicampur sedikit jeruk nipis, cuka, cabai, dan rempah rempah pilihan untuk mencapai keseimbangan rasa dari asin, asam, manis dan pedas.

Bun rieu adalah sup bihun daging atau makanan laut dengan warna merah tua yang khas. Tampilan kaldunya berasal dari pasta tomat dan minyak annatto yang terbuat dari biji pohon achiote. Kepiting air tawar dan tomat rebus adalah bahan utamanya.

Sebagai pelengkap, pasta asam memberikan rasa asam pada kaldu, dipadukan dengan tahu goreng yang kering dan asin. Kopi telur Vietnam atau ca phe trung adalah hidangan khas Hanoi di mana busa putih telur dan krim lembut sepertimeringuebertengger di atas kopi Vietnam yang pekat. Kopi ini ada versi panas dan dingin, dapat kamu temui di sepanjang jalan di Hanoi.

Rasanya hampir seperti es krim rasa kopi, tapi lebih seperti hidangan penutup daripada kopi. Versi panas hadir dengan sepiring kecil air panas untuk menjaga suhunya. Rasa kopi yang kuat, kental, dan manis dapat ditemukan di bagian bawah cangkir, merembes melalui kuning telur.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close