Travel

Jangan Percaya 4 Mitos Ini Jika Ingin Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Ada beberapa mitos tentang upaya memesan tiket pesawat termurah yang sekarang tak lagi perlu dipercaya. Ketika akan membeli tiket pesawat, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Terkadang, ada saran atau informasi umum yang beredar dan menunjukkan tips mendapatkan harga tiket pesawat yang murah.

Mulai dari hal yang berkaitan dengan harga regional hingga mesin pencari daftar tiket penerbangan. Selasa bukanlah hari termurah untuk membeli tiket pesawat, tetapi tarif tiket pesawat memang bisa lebih terjangkau pada hari kerja tertentu. Menurut laporan tahun 2017 oleh Bloomberg yang menganalisis data dari perusahaan prakiraan penerbangan Hopper, gagasan Selasa sebagai hari termurah untuk membeli tiket pesawat hanya berlaku untuk 1,6% penerbangan domestik AS, dan hanya jika kamu memesan tepat pada tengah malam.

Bahkan jika kamu sudah menyelesaikan proses pembelian tepat jam 12, kamu hanya akan menghemat rata rata 18 dolar AS. Diskon yang lebih besar memang ada, tetapi biasanya lebih umum untuk penerbangan internasional. Sekitar 900 dari 3.500 rute global yang diobservasi oleh Hopper menawarkan diskon rata rata 20 dolar AS per tiket pada hari Kamis, dan 600 di antaranya memberi potongan tarfif tiket sebesar 30 dolar AS per hari Senin.

Hari Kamis juga merupakan pilihan terbaik untuk membeli tiket penerbangan domestik yang lebih murah. Hopper menemukan, rata rata 3.500 dari 7.500 rute domestik menurunkan harga hingga 12 dolar AS pada hari itu. Pada hari Rabu, sebanyak 3.000 rute penerbangan AS menawarkan diskon serupa.

Dengan data dari mesin pencari penerbangan Hipmunk, GoBankingRates menentukan destinasi termurah untuk dikunjungi setiap bulan dalam setahun. Jika mengatur waktu perjalanan dengan benar (dan mau bersikap terbuka untuk kota kota kecil seperti Lille, Prancis, dan Comporta, Portugal), penghematan ini tentu akan bermanfaat. Misalnya, jika berencana untuk pergi di bulan Mei, kamu dapat terbang ke Sao Paulo hanya dengan tiket yang jauh lebih murah.

Dalam menentukan waktu terbaik untuk memesan penerbangan, CheapAir.com menganalisis lebih dari 917 juta tiket pesawat (dan jutaan perjalanan) di 8.000 pasar. Jika memesan tiket dalam waktu antara 169 dan 319 hari sebelum berangkat, kamu akan memiliki opsi terbanyak untuk memilih maskapai penerbangan dan tempat duduk. Namun, diperkirakan kamu akan membayar rata rata 50 dolar AS lebih mahal per tiket.

Menurut CheapAir, jendela waktu untuk pemesanan tiket dengan harga terbaik (jangka waktu yang paling hemat) adalah 21 hingga 121 hari sebelum hari keberangkatan. Dalam skenario lain, seperti berbelanja di toko dalam jumlah besar akan menghemat uang itu memang benar. Namun hal tersebut tidak selalu berlaku untuk membeli tiket pesawat.

Maskapai penerbangan terkadang mengenakan biaya lebih tinggi per tiket jika kamu memesan kursi untuk beberapa penumpang. Berkat algoritma pemesanan, ada kemungkinan hingga 10 harga berbeda untuk kursi yang sama pada penerbangan domestik. Untuk menghindari membayar lebih dari yang diperlukan untuk beberapa tiket, Consumer Reports merekomendasikan untuk memisahkan transaksi pembelian tiket yang berbeda.

Atau mencari maskapai penerbangan yang menyediakan reservasi grup (opsi ini berfungsi untuk pemesanan yang terdiri dari 10 orang atau lebih).

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close