Lifestyle

Jangan Tambahkan Garam Cara Mudah Membuat Telur Orak Arik/Scrambled Egg Ala Restoran

Inilah cara mudah membuat telur orak arik alias scrambled egg ala restoran yang nikmat. Sebenarnya, sangat mudah membuat telur orak arik alias scrambled egg. Namun entah mengapa ketika menikmatinya di restoran atau hotel, rasanya lebih nikmat.

Nah, agar telur orak arik buatan kita sama enaknya, kamu bisa mengikuti resep dari beberapa chef yang dibagikan untuk Men's Health berikut. Usahakan memilih telur yang bagus dari supermarket segar. Telur telur di supermarket umum biasanya kurang memiliki rasa.

Telur yang baik memiliki ciri ciri berwarna cerah, bersih dan kuat. Ketika dipecahkan, kuning telurnya kokoh dan memiliki warna oranye wortel hingga kuning menyerupai matahari pagi. Untuk membuat scrambled egg kita membutuhkan mentega.

Mentega berkualitas memiliki rasa yang kaya dan creamy. Warnanya kuning tua, seperti telinga jagung di musim panas. Banyak orang tidak memasak telur dengan benar.

Sebab, kebanyakan memasaknya di atas kompor dengan api besar. Artinya, telur akan lebih cepat matang namun kering seperti kertas. Alasan utama mengapa diperlukan api sedang ke rendah adalah karena ada tingkat panas tersebut kita bisa mengacaukan proses pengentalan protein pada telur.

Scrambled egg bisa cepat berubah dari tidak matang ke bau basah aneh karena terlalu matang. Kamu bisa meminimalisasinya dengan berhati hati dan tahu kapan telur harus diangkat. Kamu tak perlu memecahkan telur di mangkuk.

Cukup letakkan mentega sebesar ibu jari di atas wajan anti lengket, ratakan hingga ke seluruh permukaan wajan kemudian pecahkan telur di wajan. Jangan lakukan apapun hingga putih telur terlihat mulai matang. Kemudian, ambil spatula dan aduk telurnya.

Tak perlu terus menerus mengaduknya, tapi sering. Beberapa orang senang menambahkan beberapa bahan ke scrambled egg yang mereka masak. Misalnya menambah krim atau garam.

Untuk beberapa alasan, ada pula yang menambahkan merica. Jangan lakukan itu. Scrambled egg yang bagus tidak memerlukan bahan tambahan agar terasa enak, empuk dan lembut.

Jika ingin menambah rasa, kamu bisa menambahkan saus tomat atau sambal setelah telur diangkat, tapi jangan ganggu proses masaknya. Bagaimana kita tahu telur perlu diangkat? Telur akan mulai seperti satin terlipat dan bentuknya konsisten.

Telur tampak padat, tapi halus. Pada menit menit terakhir ini, matikan api dan biarkan sisa panas pada wajan mematangkan telur hingga sempurna. Aduk lebih intens hingga tampak seperti bantal empuk yang berkilau.

Kemudian, kamu bisa menikmatinya!

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close