Kesehatan

Kalau Tak Mampu Jangan Dipaksa Soal Peserta BPJS Turun Kelas Menkes Terawan

— Turun kelas banyak menjadi opsi bagi peserta BPJS Kesehatan di saat pemerintah memumutuskan untuk menaikkan iuran peserta. Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pilihan untuk turun kelas tidak menjadi masalah agar peserta tidak memaksakan diri membayar kelas yang tidak sesuai kemampuannya. “Ya ndak apa apa kalau dia mau turun kelas, karena itu wujud kesadaran bahwa BPJS menumbuhkan kesadaran gotong royong. Kalau ndak mampu ya jangan dipaksa untuk kelas satu,” ungkap Menkes Terawan di DPR, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2019).

Kemudian tidak apa peserta turun kelas menurut Terawan jika iuran yang dibayarkan setiap bulannya tidak terlambat dibayar. “Kalau dia masuknya ke kelas tiga ya gak papa, yang penting bayarnya teratur mau bayar secara tidak terlambat, tidak hanya (bayar) kalau butuh,” ucap Menkes Terawan. Bagi masyarakat yang kurang mampu pemerintah akan mengupayakan pendataan sehingga bisa segera dimasukan ke daftar peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

“Ya kalau orang mampu merasa kurang mampu ya tinggal bergeser untuk didata ulang masalah di PBI nya atau menjadi dukungan PBI daerah, melalui pemda juga ada anggaran untuk membantu,” pungkas Menkes Terawan.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close