Pendidikan

Klarifikasi Universitas Muhammadiyah Malang Soal Formasi BJ Habibie yang Viral, Ternyata Hoax

Sebuah unggahan foto formasi flashmob bergambar Presiden ke 3 Republik Indonesia BJ Habibie viral di media sosial Instagram dan Twitter. Berdasarkan unggahan yang beredar, disebutkan bahwa formasi itu dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Benarkah demikian? Jawabannya, tidak. Ini klarifikasinya.

Kompas.com mengonfirmasi foto ini kepada staf Humas UMM Maharina, Sabtu (14/9/2019). Ia mengatakan, foto bergambar flashmob dengan gambar BJ Habibie merupakan hasil edit yang dilakukan seorang dosen UMM. “Bukan, itu hanya editan dosen Ilmu Komunikasi UMM,” kata Maharina.

Maharina mengungkapkan, foto flashmob mahasiswa UMM ini sudah beberapa kali digunakan beberapa pihak, baik untuk tujuan hiburan maupun kepentingan tertentu. “Pernah dibikin We Love Mahasiswa UMM , semacam itu. Tapi enggak tahu siapa yang bikin,” kata Maharina. Kompas.com juga mengklarifikasi unggahan yang awalnya diunggah oleh Moch.Fuad Nasvian.

Diketahui, Nasvian merupakan dosen Komunikasi Visual UMM. Ia mengaku telah mengedit foto itu. “Yang mengedit foto Pak Habibie dalam formasi flashmob adalah saya, dari pose Bapak Presiden ke 3 yang epik dengan pesawat kertasnya,” kata Nasvian, saat dihubungi Kompas.com , Sabtu petang. Ia menjelaskan, tujuannya mengedit foto tersebut menjadi gambar Habibie adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap Habibie yang telah berpulang pada 11 September 2019.

“Tujuan saya memberi penghormatan kepada Bapak Habibie, karena itu narasinya adalah 'Saya meminjam'” ujar dia. Nasvian menjelaskan, foto asli dari gambar tersebut adalah foto dari flashmob mahasiswa UMM tahun 2018. Berikut foto aslinya, seperti pernah diunggah akun Instagram UMM, @ummcampus :

Nasvian mengatakan, foto itu merupakan recycle karyanya pada 2018. “Jadi master editan nya masih ada, sehingga cepat saja saya membuat wajah Pak Habibie,” ujar Nasvian. Sementara itu, versi video formasi flashmob para mahasiswa UMM ini bisa dilihat pada Youtube UMM berikut ini:

Berdasarkan video ini, diketahui bahwa formasi sesungguhnya yang dibentuk adalah bergambar KH Ahmad Dahlan, peta Indonesia, logo UMM, serta tulisan "Students Today", "Leaders Tomorrow", dan "Pray for Lombok". Penelusuran Kompas.com , foto asli flashmob mahasiswa UMM ini juga pernah digunakan sebagai hoaks bertuliskan "2019 Ganti Presiden" pada 2018. (Kompas.com/Nur Rohmi Aida/Inggried Dwi Wedhaswary) Ajudan BJ Habibie kenang masa pernikahan Presiden ke 3 RI dengan Ainun saat berada di Istana Negara, sebut terlihat seperti pengantin baru, selamanya.

Kisah romantis antara BJ Habibie dan Hasrie Ainun Besari nampaknya tak pernah habis dibahas. Meski kini mereka berdua juga sudah tak ada lagi di dunia ini. Keduanya kini sudah berbahagia di kehidupan mereka yang abadi.

BJ Habibie kemarin Rabu 11 September 2019. Ia menyusul Ainun Habibie yang sudah meninggal terlebih dahulu pada 2010 silam. Namun kenangan akan romantisme pasangan ini selalu membekas.

Salah satunya seperti yang diungkapkan Meyjen Purn TNI Tubagus Hasanuddi yang saat itu menjadi ajudan Habibie. BJ Habibie tak pernah marah ataupun cemberut, apalagi pada istrinya. Pasangan suami istri ini juga dinilai selalu mesra.

"Saya tidak pernah melihat beliau marah, cemberut, apalagi pada Ibu Ainun. Benar benar mesra sekali," ujar Hasanuddin di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019) jelang kedatangan jasad Habibie. Hasanuddin mengaku ia kerap malu dengan romantisme BJ Habibie dan Ainun. Usianya lebih muda pasangan yang selalu mesra bak pengantin baru.

"Beliau itu seperti pengantin baru saja tiap hari. Ketika beliau naik mobil, kami antar ke kantor, Ibu Ainun selalu berdiri memberikan 'dadah'," kenang Hasanuddin. "Setiap Pak Habibie pulang, Bu Ainun sudah menunggu, kemudian ketika turun, gandengan mereka berdua ke dalam.

Seperti pengantin baru, selamanya," ia menambahkan. Presiden ke 3 RI ini hanya mau makan masakan istrinya saat berada di istana. Bahkan kadang Habibie enggan makan jika yang mengantar makanan adalah ajudannya.

"Ada cerita, saya keluar konvoi sama beliau. Baru 100 meter, (Habibie berkata) 'Hasanuddin, kita balik lagi!'. Beliau turun dari kendaraan, kemudian ke tempat makan, lalu minum," Hasanudin bercerita. Hal ini membuat Hasanuddin sempat jengkel dan komplain.

Kenapa Habibie tak memintanya membawakan minuman itu ketimbang harus kembali lagi. Namun Habibie memiliki alasan yang sangat romantis pada istrinya. "No! Ini Ainun yang bikin. Saya harus menghormatinya," ujar Hasanuddin menirukan ucapan Habibie waktu itu. "Seperti itu. Bayangkan suami istri itu," tambahnya.

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9/2019) malam. Ia meninggal usai menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayahanda wafat karena faktor usia dan masalah pada jantungnya.

"Karena penuaan tersebut, organ organ tubuh mengalami degradasi, menjadi tidak kuat lagi. Jantungnya menyerah," kata Thareq Kemal. Jenazah Presiden ke 3 RI itu dikebumikan Kamis siang, tepat di samping makam Hasri Ainun Habibie yang telah dikebumikan Mei 2010 lalu di TMP Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam tayangan Mata Najwa di Metro TV, Juni 2016, Habibie mengungkapkan ada syarat mutlak yang ia sampaikan saat Ainun meninggal.

Ia mau Ainun dikuburkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, asalkan di sebelahnya nanti kelak menjadi makamnya. "Saya tahu dia (Ainun) di kavling 121 di TMP Kalibata. Di Kavling 120 kosong, (itu) tempat saya nanti," kata Habibie. "Pak Habibie sudah siapkan kavling di sampingnya?" sahut Najwa.

"Iya. Saya buat persyaratan, tidak mau istri saya dimakamkan di TMP Kalibata kalau saya tidak di sebelahnya. Kalau tidak, tidak usah," kata Habibie lagi. Permintaan itu kini terkabul. Habibie yang tutup usia pada Rabu (11/8/2019) petang akhirnya kembali dipertemukan dengan Ainun di TMP Kalibata.

Sesuai permintaan Habibie, kavling 121 untuk Ainun dan kavling 120 untuknya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close