Nasional

KPU Gelar Rapat Bersama Komisi II Bahas Pilkada 2020 Besok

– Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan menggelar rapat bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada Senin (30/3/2020). Salah satu materi pembahasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020. “Komisi II berencana besok akan melakukan rapat dengan kita,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman, Minggu (29/3/2020).

Belakangan ini muncul wacana soal penundaan Pilkada 2020. Alasan penundaan itu, karena di Indonesia sedang terjadi pendemi coronavirus disease (covid) 19. Jika, merujuk pada Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, maka penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat di tingkat daerah itu dijadwalkan digelar waktu pencoblosan pada 23 September 2020. “Merespon hal ini, kami melakukan rapat koordinasi,” kata dia.

Mengingat situasi dengan pendemi covid 19, kata dia, rapat akan digelar menggunakan fasilitas video conference. “Untuk pertemuan fisik dibatasi 20 orang. Selebihnya akan dilakukan online. Sedang diupayakan semua dilakukan pertemuan online. Kalau toh ada pertemuan fisik, maka hanya dibatasi 20 orang. Selebihnya peserta rapat melakukan video conference,” tambahnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close