Travel

Lakukan 3 Hal Ini di MRT Jakarta Bisa Kena Denda Rp 500 Ribu

Melakukantiga hal ini di area MRT Jakarta seperti kereta dan stasiun, kamu bisa dikenakan denda hingga Rp 500 ribu. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan ketika kamu menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, bila nekat bisa dikenakan denda. Hal ini pun dilakukan untuk menertibkan para pengguna MRT sehingga tidak mengganggu pengguna MRT lainnya.

Pengenaan denda ini diterapkan berdasarkan kesepakatan antara PT MRT Jakarta dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Berikut 3 hal yang tidak boleh kamu lakukan di area MRT Jakarta Sebelumnya beredar selebaran yang ditempelkan oleh pihak MRT Jakarta yang diunggah oleh akun Instagram @dkiinfo.

Dalams selebaran tersebut mengatakan bagi penumpang yang duduk duduk di lantai di area Stasiun MRT Jakarta akan dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu. Denda untuk mereka yang duduk di lantai stasiun MRT sudah berlaku sejak 9 Juni 2019 yang lalu. Selain denda untuk pengunjung yang duduk di lantai area Stasiun MRT, denda juga akan dikenakan bagi mereka yang membuang sampah sembarang.

PT MRT Jakarta akan mengenakan denda sebesar Rp 500 ribu bagi mereka yang membuang sampah sembarangan baik di area stasiun maupun kereta MRT itu sendiri. Dan yang terakhir adalah aturan pengenaan denda bagi mereka yang ketahuan makan dan minum di Stasiun MRT. Pihak MRT Jakarta sendiri sudah memberikan sanksi kepada beberapa penumpang yang melanggar aturan ini.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan pihaknya sempat mengamankan penumpang yang ketahuan makan dan minum di area Stasiun MRT. Ada sekitar sepuluh orang kalau enggak salah," ujar Effendi saat ditemui di kawasan Haji Nawi, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019). Namun, kebanyakan dari mereka tidak membayar denda lantaran tidak punya uang, kemudian pihak MRT memberikan peringatan dan pelanggar harus membuat surat keterangan tidak akan makan dan minum dalam stasiun MRT.

"Mereka enggak punya uang, jadi kami minta fotokopi KTP dan kami buat surat keterangan agar tidak mengulangi perbuatan itu lagi," ujar Effendi. Denda tersebut sebagai bentuk efek jera agar penumpang tak lagi melanggar peraturan di area Stasiun MRT.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close