Lifestyle

Lengkap dengan Videonya Bisa Cegah Corona Langkah Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Pencegahan paling mudah dalam penyebaran virus corona dengan menjaga kebersihan tangan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rajin mencuci tangan dengan sabun. Cara lain yang bisa dilakukan agar kebersihan tangan tetap terjaga saat bepergian, yaitu dengan menggunakan hand sanitizer.

Cara ini disarankan terutama jika sedang bepergian jauh dan sulit menemukan sabun atau tempat cuci tangan. Merebaknya virus corona di Indonesia membuat ketersediaan hand sanitizer di pasaran menjadi langka. Tak perlu khawatir, karena hand sanitizer dapat dibuat sendiri di rumah.

Berikut video cara membuat hand sanitizer yang mudah dilakukan kurang dari lima menit yang dikutip dari kanal YouTube SajianSedap. 1. Masukan 60 ml alkohol ke dalam gelas ukur 2. Kemudian 70gr gel lidah buaya, aduk hingga rata.

4. Selanjutnya tuang 2 tetes atau sesuai selera minyak esensial sebagai pewangi 3. Setelah tercampur rata, siapkan botol semprot plastik yang masih kosong, tuang hand sanitizer racikan Anda ke dalamnya dan tutup hingga rapat. 1. Semprotkan atau oleskan hand sanitizer ke telapak tangan.

2. Gosok tangan dengan seksama. Pastikan menutupi seluruh permukaan tangan dan semua jari. 3. Lanjutkan menggosok selama 30 hingga 60 detik atau sampai tangan kering.

Hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan meskipun pembersih tidak menghilangkan semua jenis kuman. Selain itu hand sanitizer tampak tidak efektif ketika tangan tampak kotor atau berminyak. Ketika tangan sangat kotor atau berminyak,hand sanitizermungkin tidak berfungsi dengan baik.

Maka, cuci tangan dengan sabun dan air dianjurkan dalam keadaan seperti itu. Selain itu,hand sanitizermungkin tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti pestisida dan logam berat, dari tangan. Pembersih tangan berbasis etil alkohol (etanol) ini aman bila digunakan sesuai petunjuk, tetapi dapat menyebabkan keracunan alkohol jika seseorang tidak sengaja menelan lebih dari beberapa suap.

Sehingga sabun dan air lebih efektif daripadahand sanitizeruntuk menghilangkan beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium , norovirus , dan Clostridium difficile 1 5 . Meskipun pembersih tangan berbahan dasar alkohol dapat menonaktifkan banyak jenis mikroba dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar, lebih baik melalukan cuci tangan dengan sabun.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close