Bisnis

Melanie Putria, Fisioterapis Matias Ibo hingga Wali Kota Bogor Bima Arya Ikut Maybank Marathon Bali

Ajang lomba lari berskala internasional 'Maybank Marathon Bali 2019' baru saja digelar di Bali Safari Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (8/9/2019) pagi. Sebanyak lebih dari 11 ribu peserta turut ambil bagian dalam lomba lari yang dibagi tiga kategori utama yakni 10K, 21K atau Half Marathon dan 42K atau Marathon. Selain itu, terdapat 60 penyandang disabilitas yang mengikuti lomba lari untuk kategori kursi roda atau wheel chair sepanjang 5K.

Menariknya keseluruhan peserta yang berasal dari 50 negara itu, tampak sangat antusias dalam mengikuti Maybank Marathon Bali 2019. Diantara mereka ada yang berpasangan hingga berkelompok bersama komunitas lari masing masing. Ada hal yang cukup menarik perhatian dalam lomba lari marathon yang digelar PT Maybank Indonesia pada kali ke 8 itu.

Sama seperti marathon lainnya, para pelari yang mencapai garis finish pun didominasi mereka yang berasal dari benua Afrika. Beragam ekspresi kemenangan dan kepuasan juga terlihat menghiasi wajah para pelari tersebut. Dalam Maybank Marathon Bali 2019, ada sejumlah pesohor negeri yang turut ambil bagian.

Mulai dari artis yang juga pernah meraih gelar Putri Indonesia Melanie Putria, Fisioterapis yang pernah menangani tim sepakbola nasional Matias Ibo, hingga Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengikuti kategori Half Marathon. Untuk rute yang dilalui, kategori 10K melintasi sejumlahjalan, yakni dimulai dari Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra menuju Jalan Banjar Siyut lalu Jalan Raya Tulikup dan berakhir di garis finish di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra. Sedangkan untuk kategori 21K atau Half Marathon mengambil start di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra menuju Jalan Banjar Siyut, dilanjutkan ke Jalan Raya Tulikup.

Selanjutnya dari Jalan Raya Tulikup melintasi Jalan Astina Timur menuju Jalan By Pass Dharma Giri, Jalan Sakura, Jalan Raya Pantai Lebih dan berakhir pada garis finish di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra. Untuk rute kategori 42K atau Marathon, para pelari memulai pada garis start di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra menuju Jalan Gelgei Jumpai, dilanjutkan ke Jalan Raya Takmung. Dari Jalan Raya Takmung, rute dilanjutkan ke Jalan Tegal Besar menuju Jalan Astina Timur, lalu ke Jalan By Pass Dharma Giri menuju Jalan Udayana ke Jalan Sakura, kemudian Jalan Raya Pantai Lebih dan mengakhiri rute di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra.

Terkait pengadaan ambulans yang disediakan pihak panitia penyelenggara Maybank Marathon Bali 2019, total ada 11 ambulans yang akan membagi tim medis dalam 3 kategori. Pada kategori 10K, ada 2 ambulans yag disediakan. Ambulans pertama ada di garis start dan ambulans kedua ada diantara kilometer 5 dan kilometer 6.

Selanjutnya, pada kategori 21K atau Half Marathon, ada 3 ambulans yang ditempatkan di kilometer 8, kilometer 11 dan kilometer 17. Sementara itu, untuk kategori 42K atau Marathon, ambulans ditempatkan di garis start finish, antara kilometer 10 dan 11, kilometer 19, kilometer 24, antara kilometer 31 dan 32, serta pada kilometer 38. Mengacu pada kehadiran 60 penyandang disabilitas, hal ini merupakan wujud dukungan PT Maybank Indonesia sebagai penyelenggara dalam mempromosikan hak bagi para penyandang disabilitas.

Kategori yang diikuti penyandang disabilitas ini merupakan agenda tetap yang telah ada dalam gelaran Maybank Marathon sejak dihelat kali pertama pada 2012 lalu. Terkait Maybank Marathon Bali 2019, rangkaian acara digelar pada 6 hingga 8 September 2019 ini. Flag off kategori Marathon dilakukan pada pukul 04.30 Wita, kemudian kategori Half Marathon pada 05.15 Wita, lalu untuk kategori 10K pada pukul 06.00 Wita, serta kategori Wheel Chair pada 06.10 Wita.

Maybank Marathon Bali 2019 merupakan bukti komitmen Maybank Indonesia dalam menggelar kegiatan lomba lari bertaraf internasional. Ajang lari yang digelar pada kali ke 8 ini mengambil posisi start dan finish di Bali Safari Marine Park, Gianyar Bali. 11.659 pelari yang ambil bagian dalam ajang ini merupakan mereka yang berasal dari Indonesia, Kenya, Amerika Serikat (AS), Australia, Jepang, berbagai negara Asia lainnya hingga negara negara di Eropa.

Untuk Maybank Marathon Bali 2019, ada total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar yang disediakan Maybank untuk para pemenang. Maybank Marathon Bali 2019 juga telah ditetapkan menjadi ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diadakan di Papua pada 2020 mendatang. Bekerjasama dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), ajang ini juga diikuti oleh 31 pelari terbaik yang berasal dari 11 provinsi di Indonesia.

Selain 31 atlet itu, ada pula rincian peserta untuk Maybank Marathon Bali 2019, meliputi 2.444 peserta kategori Marathon, kemudian 5.135 peserta Half Marathon, lalu 4.080 peserta kategori 10K. Dalam serangkaian agenda lari itu, produsen mobil ternama dunia BMW juga ikut ambil bagian. Brand mobil mewah ini menampilkan BMW i3s, kendaraan listrik murni atau Electric Vehicle (EV) sebagai lead car untuk kategori Marathon.

Penggunaan kendaraan listrik murni tanpa emisi gas buang itu merupakan perwujudan komitmen Maybank Indonesia untuk memberikan kenyamanan bagi para pelari marathon. Sehingga selain pesan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan meningkatkan bisnisnya melalui promosi M2U, Maybank Indonesia juga berharap para pelari mulai menyadari pentingnya kepedulian terhadap lingkungan.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close