Travel

Mengintip Isi Ruang Rahasia yang Dipakai Pilot & Pramugari Tidur di Pesawat

Pernahkan kamu bertanya tanya, dimana pilot dan pramugariistirahat ketika sedang melakukan penerbangan? Tidak hanya penumpang, pilot dan pramugari juga membutuhkan waktu tidur usai bertugas. Tapi kita tidak tahu dimana mereka tidur, apakah tertidur dengan menggunakan seragam utuh.

Jadi di mana pilot dan awak kabin ini tidur ketika berada di dalam pesawat? Untuk para pramugari, terdapat tempat tidur susun di area kru yang tidak terlalu besar. Sedangkan para pilot memiliki kompartemen tidur yang terpisah dari para pramugari yang digunakan untuk beristirahat ketika berada dalam penerbangan jarak jauh.

Pada sebagian besar pesawat, kompartemen tempat pilot berisitirahat terletak di atas kelas pertama dan berada di belakang kokpit. Sehingga "tempat tersembunyi" ini tidak pernah diketahui oleh sebagian besar penumpang. Para pilot bisa menuju tempat ini dengan menaiki tangga tersembunyi.

Kompartemen ini berisi dua kursi kelas bisnis dan tempat tidur datar yang dipisahkan dengan gorden. Selain itu, ruang ini juga kedap suara sehingga mereka bisa berisitirahat tanpa gangguan dari bisingnya suara mesin pesawat. Beberapa area istirahat para pilot ini juga cukup mewah.

Ada beberapa pesawat yang ruang istirahat pilotnya memiliki memiliki kamar mandi atau wastafel dan bahkan layar TV dengan ukuran besar. Diketahui satu peenerbangan terpanjang di dunia saat ini dioperasikan oleh maskapai Singapore Airlines. Mereka memiliki layanan penerbangan langsung antara Bandara Internasional Newark Liberty dan Bandara Changi, Singapura.

Pesawat dari Singapore Airlines ini juga memiliki beberapa kemewahan terbaik untuk tempat pilotnya beristirahat. Pesawat ini memiliki kompartemen awak kabin dengan lima tempat tidur, area penyimpanan untuk menggantung pakaian dan menyimpan tempat tidur, bantal satin. Kemudian ada juga ruang untuk delapan pramugari untuk beristirahat, lampu baca, sistem hiburan, dan banyak lagi.

Beberapa maskapai lain yang cukup mewah untuk memiliki fasilitas seperti itu untuk para pilot dan pramugarinya. Seperti American Airlines 777 yang memiliki TV layar datar, Air New Zealand 777 memiliki dua kursi dan tempat tidur bersandar. Kemudian Lufthansa Airbus A380 memiliki kamar mandi yang jauh lebih bersih daripada semua kamar mandi kelas ekonomi, dengan waktu tunggu yang lebih sedikit.

Desain kamar untuk pilot dan awak kabin beristirahat yang berbeda ini tergantung pada pesawat dan maskapainya. Ketika beberapa maskapai penerbangan menyediakan beragam fasilitas mewah untuk pilot dan awak kabinya, beberapa maskapai penerbangan tidak memiliki area istirahat yang luas.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close