Nasional

Mulan Jameela Digugat Mantan Caleg Gerindra Dan Dituntut Ganti Rugi 10 Miliar Baru Saja Dilantik

Artis dan anggota DPR RI periode 2019 2024, Mulan Jameela, seolah tak bisa lepas dari masalah. Baru 2 hari dilantik sebagai anggota DPR RI, Mulan Jameela, istri Ahmad Dani, digugat oleh calon anggota legislatif (caleg) yang digantikannya. Mulan Jameela memang lolos sebagai anggota DPR setelah ia menjadi pengganti antar waktu (PAW) caleg Gerindra.

Tak hanya terancam batal jadi wakil rakyat, Mulan Jameela dan Partai Gerindra juga digugat ganti rugi sebesar Rp 10 miliar. Sidang pertama gugatan perdata mantan Caleg PartaiGerindrapada<span></span> <span></span>terhadap 9 Caleg Gerindra digelar diPengadilanNegeriJakartaSelatan, Kamis (3/10/2019). Mantan Caleg yang bernama Sigit Ibnugroho Sarasprono menggugat 9Caleg PartaiGerindra, yaitu Nuraina, Pontjo Prayogo SP, R Wulansari aliasMulanJameela, Adnani Taufiq, Adam Muhamad, Siti Jamaliah, Sugiono, Khaterine A OE, dan dr Irene.

SigitIbnugroho Sarasprono juga menggugat Dewan PembinaPartaiGerindra, Dewan Pimpinan PusatPartaiGerindra, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kendati demikian, sidang tersebut ditunda selama 3 minggu. Hakim ketua Joni mengatakan bahwa sidang akan kembali digelar pada Kamis (24/10/2019).

"Sidang ini kita tunda selama 3 minggu," ujar Joni saat sidang berlangsung. Sidang ditunda sebab para tergugat tidak hadir. Salah satu tergugat, yaituMulanJameela, menolakmenandatangani surat panggilan sidang atau relaas.

"Terlawan tiga, suratnya sudah sampai tapi yang bersangkutan tidak mau menandatangani. Ibu Wulansari atauMulanJameelamenolak menandatangani relaas,"katanya mengungkapkan. Gugatan itu terdaftar dengan nomor 742/Pdt.Bth/2019/PN JKT.SEL. Dalam petitumnya,SigitIbnugrohoSaraspronomeminta putusan perkara dengan nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL oleh PN Jaksel dinyatakan tidak sah dan tidak berkekuatan hukum tetap.

Dengan adanya putusan perkara tersebut,SigitIbnugrohoSaraspronogagal melenggang ke Senayan. Posisinya digantikan Sugiono. Selain itu,SigitIbnugrohoSaraspronojuga meminta agar dirinya ditetapkan sebagai anggota DPR yang sah dari daerah pemilihan Jawa Tengah I.

Terakhir,SigitIbnugrohoSaraspronojuga meminta ganti rugi untuk kerugian materiil dan immateriil yang dideritanya dengan total sebesar Rp 10 miliar. Mulan Jameela lolos ke Senayan setelah gugatan perdatanya dimenangkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Berdasarkan putusanPengadilanNegeri(PN)JakartaSelatan(Jaksel) Nomor 520/Pdt/Sus.Parpol/2019 PN.Jkt.Sel, DPPPartaiGerindradiminta menetapkanMulanJameelasebagai anggota DPR terpilih.

Namun, posisiMulanJameelakini belum aman. Terpilihnya<span></span> ,<span></span>Ervin Luthfi, dan Fahrul Rozi, berbuntut gugatan balik terhadap PN Jaksel yang memenangkan<span></span> <span></span>eks personel grup Ratu. Fahrul Rozi, salah satu caleg yang diberhentikan DPPPartaiGerindradan digantikanMulanJameela, menggugat PN Jaksel beserta 39 orang lainnya.

"Gugatan derden verzet namanya, tergugatnya PN Jaksel dan 39 pihak lainnya mulai dari<span></span> <span></span>cs hingga Prabowo Ketua Umum Gerindra," jelas Fahrul Rozi saat ditemui Minggu (29/09/2019). Fahrul Rozi menuturkan, gugatan derden verzet memang terbilang baru dalam dunia politik. Namun, jika gugatannya dikabulkan maka bisa jadi yurisprudensi baru dalam dunia politik dan bisa berdampak luas pada partai lainnya.

"Gugatan ini ruang untuk pihak yang terkait dan dirugikan akibat putusan PN Jaksel yang menerima gugatan Mulan cs," kata dia. Fahrul Rozi menuturkan, dia bersama Ervin Luthfi merasa dirugikan dengan putusan PN Jaksel yang memenangkanMulanJameela. Putusan itu membuat Fahrul Rozi diberhentikan dari keanggotaan, dan ErvinLuthfi tidak jadi dilantik menjadi anggotaDPRRI.

Fahrul Rozi sengaja menggugat secara derden verzet karena menurutnya titik awal dari masalah pemecatan dia dan Ervin Luthfi adalah adanya putusan PN Jaksel yang menerima gugatan Mulan Jameela. Menurut Fahrul Rozi sejak awal PN Jaksel sudah salah menerima putusan tersebut. Karena, seharusnya sengketa pemilu diselesaikan di Mahkamah Konstitusi (MK), bukan di tingkat PN.

"Makanya saya menduga ini sudah ada settingan dari awal yang dilakukan DPP Gerindra untuk meloloskan Mulan cs dengan putusan pengadilan," ujar Fahru Rozi. Tudingan Fahrul Rozi ini, menurutnya, makin menguat setelah DPPPartaiGerindratidak melakukan perlawanan atas putusan PN Jaksel dan langsung mengeksekusi putusan tersebut dengan mengangkat MulanJameelacs dengan cara memecat dia dan Ervin Luthfi. "Putusan perdata itu tidak bisa begitu saja langsung dieksekusi. Gerindra ini mengeksekusinya kasar, makanya ini semua permainan," ucap Fahrul Rozi.

Fahrul Rozi menyampaikan, gugatannya sudah dimasukan ke PN Jaksel tertanggal 25 September dengan nomor 812/pdt.bth/2019/pn jak.sel. Fahrul Rozi menggunakan empat orang pengacara dalam perkara ini. "Kalau saya, bukan bicara soal kursi dewan, kalau bicara baik baik sebenarnya bisa ada jalan tengah. Ini politik balas budi yang di settingsecara hukum. Saya harus melawan karena semua melanggar hukum," ujar Fahrul Rozi.

Fahrul Rozi merasa semakin penasaran dengan keputusan DPP Gerindra yang memberhentikannya. DPP Gerindra terkesan tertutup ketika dia mencoba mencari tahu alasan mengapa dipecat.(*) Di DPRMulanJameelamengaku akan memperjuangkan aspirasi rakyat saat bertugas di parlemen.

Namun, saat ditanya Rancangan Undang undang (RUU) apa yang akan ia perjuangkan sebagai legislator, ia tak menjawab. "Ya, nanti ya," ujarMulanJameelausai membaca sumpah sebagai anggota DPR. Saat ditanya ingin ditempatkan di komisi mana, ia menyerahkan sepenuhnya kepada partai ihwal penempatan tersebut.

Namun, jika dibolehkan memilih, ia ingin ditempatkan di Komisi X DPR. "Kalau saya pribadi masuk ke komisi berapa mungkin lebih cocok ke Komisi X, ya. Tapi, balik lagi saya serahkan kepada kebijakan fraksi. Saya terima saja," lanjut istri musisiAhmadDhanimengatakan. Mulan Jameela diambil sumpah jabatannya sebagai anggotaDPRRIpada Selasa (1/10/2019) di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat.

Mulan Jameela dilantik bersama 575 anggotaDPRRIlainnya. Putra bungsuAhmadDhani,DulJaelanimenanggapi santai dilantiknya ibu tirinya tersebut menjadi anggotaDPRRI. "Saya sangat suka John Lennon," ujar Dul Jaelani di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (1/10/2019).

Ketika ditanya lebih detail terkait<span></span> <span></span>yang kini resmi menyandang status anggota DPR RI. Dul Jaelani enggan menjawabnya. "No comment," ucap Dul singkat.

Adapun,MulanJameelamenjadi salah satu dari 14 artis yang diambil sumpah jabatannya menjadi anggotaDPRRI. Mulan Jameela terpilih sebagai anggotaDPRRIperiode 2019 2024 dari Dapil Jawa Barat XI.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close