Nasional

Niat Gibran Maju Jadi Wali Kota Solo di Pilkada 2020 Dapat Respon dari Beberapa Partai Politik

"Ada beberapa, ya waktu kemarin setelah pelantikan Menteri saya bertemu dengan beberapa petinggi partai ya Insyaallah semuanya welcome," ujar Gibran Rakabuming Selasa (29/10/2019). Kalimat tersebut merupakan jawaban Gibran ketika salah satu wartawan bertanya mengenai partai yang sudah berkomunikasi dengannya mengenai Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo selain PDIP. Gibran mengaku mendapatkan respon positif dari sejumlah partai politik.

Niat putra sulung Presiden Jokowi maju menjadi Wali Kota Solo terus mendapatkan respon dari beberapa partai politik termasuk Gerinda yang senter dikabarkan akan mengusungnya pada Pilwalkot Solo 2020. DPC Partai Gerinda Solo dikabarkan akan memasangkan Gibran Rakabuming dengan cucu bung karno Paundrakarna dalam pemilihan Walikota Solo 2020. Namun isu tersebut dibantah oleh Wasekjen Partai Gerinda, Andre Rosiade.

Andre Rosiade mengatakan sampai saat ini belum ada nama Gibran Rakabuming yang mendaftar Walikota Solo melalui partai Gerinda. "Terus terang kita belum tahu ya. Kalau soal Pilkada kan kita baru membuka penjaringan sesuai dengan instruksi DewanPimpinan Pusat (DPP)," ujarnya dilansir dari Youtube Kompas TV Selasa (29/10/2019). Ia menambahkan jika Sekjen sudah menginstruksikan seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerinda se Indonesia untuk membuka penjaringan pendaftaran.

Gerinda telah membuka pendaftaran dan mempersilahkan siapa yang ingin maju menjadi calon kepala daerah melalui Gerinda. "Siapapun yang ingin mendaftar ke partai Gerinda silahkan mendaftrar termasuk siapapun yang ingin maju melalui Gerinda nanti dari DPC dikirim ke DPD Provinsi kemudian dikirim ke DPP nanti DPP yang memutuskan," ujarnya. Andre Rosiade mengatakan belum tahu siapa yang akan diputuskan oleh pimpinan partai Gerinda.

Termasuk ketika ditanya isu yang beredar jika Gerinda akan mengusung Gibran dalam Pilwalkot Solo 2020. Partai Gerinda menegaskan belum resmi mendukung Gibran dalam pilwalkot Solo. Wasekjen partai Gerinda Andre Rosiade mengatakan sampai saat ini belum ada nama Gibran Rakabuming yang mendaftar Walikota Solo melalui partai Gerinda.

"Terus terang kita belum tahu ya. Kalau soal Pilkada kan kita baru membuka penjaringan sesuai dengan instruksi DewanPimpinan Pusat (DPP)," ujarnya dilansir dari Youtube Kompas TV Selasa (29/10/2019). Ia menambahkan jika Sekjen sudah menginstruksikan seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerinda se Indonesia untuk membuka penjaringan pendaftaran. Gerinda telah membuka pendaftaran dan mempersilahkan siapa yang ingin maju menjadi calon kepala daerah melalui Gerinda.

"Yang pasti sampai sekarang saya ingin menyampaikan belum ada keputusan apapun," katanya. Dilansir dari Sebelumnya pada September 2019 Gibran Rakabuming, terlihat mengunjungi DPC PDIP Solo. Kunjungan tersebut diduga merupakan awalGibranRakabumingRakameraih karier politik dan ikut serta dalam Pilwalkot Solo 2020.

Kemudian ia juga menemui Ketua Umum PDIP Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10/2019). Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih satu jam. "Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (Pilkada Solo). Saya sampaikan juga ke Bu Mega, saya sudah punya KTAPDIP(kartu tanda anggotaPDIP) dan saya tidak akan maju lewat independen seperti yang dikatakan di Solo kemarin. Itu tidak benar," kata Gibran(24/10/2019).

"Saya tidak pernah berkata kepada siapa pun, di mana pun, kalau saya akan maju lewat independen. Saya sudah punya KTAPDIP, saya akan berjuang melaluiPDIPjuga," ucap Gibran. Sayangnya, Gibran enggan menjelaskan bagaimana responsMegawati Soekarnoputriatas apa yang disampaikannya tersebut.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close