Nasional

Panglima TNI Sampaikan Pujian Australia Kepada Satgas Garuda Operasi Bantuan Penanggulangan Karhutla

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut pasukan Satgas Garuda Operasi Bantuan Penanggulangan Karhutla Australia Tahun 2020 di Mabes TNI Cilangkap pada Jumat (6/3/2020). Dalam sambutannya, ia mengaku bangga karena para prajurit telah melaksanakan tugas dengan baik. Kebanggan Hadi tidak lain karena sejumlah pujian yang diberikan ke satgas tersebut baik dari Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Duta Besar Australia, serta Perdana Menteri Australia.

"Hal tersebut juga diutarakan Perdana Menteri Scott Morrison di hadapan Parlemen Australia. Tentunya penghargaan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh anggota Satgas," kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur pada Jumat (6/3/2020). Ia mengatakan, operasi tersebut dilaksanakan tidak hanya sebagai bentuk kepedulian Indonesia pada bencana yang terjadi di Australia, tetapi juga menunjukkan bahwa kedua negara memiliki hubungan yang sangat erat. "Penguatan hubungan bilateral serta kerja sama semacam ini makin diperlukan mengingat spektrum ancaman yang semakin kompleks dewasa ini memerlukan kerja sama bilateral maupun multilateral," kata Hadi.

Ia meminta agar pasukan satgas memelihara dan meningkatkan motivasi serta semangat pengabdian kepada bangsa dan negara. Ia pun meninta agar pasukan menjadikan penugasan ini sebagai pengalaman berharga dalam mengemban berbagai tugas mendatang. "Laksanakan pula evaluasi tugas yang telah dilaksanakan dan laporkan hal hal yang perlu dikembangkan," kata Hadi.

Dalam acara tersebut Hadi juga sempat memberikan penghargaan kepada perwakilan pasukan. Tampak sebanyak 41 prajurit TNI mengenakan helm kuning dan rompi. Usai acara mereka juga tampak semangat menyanyikan yel yel.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close