Pendidikan

Pendaftaran & Pelaksanaan UTBK 2020 Resmi Ditunda karena Wabah Covid-19

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2020 yang sedianya akan dimulai pada 30 Maret 2020 diputuskan untuk ditunda. Tak hanya pendaftaran, pelaksanaan UTBK yang rencananya digelar 20 Arpril juga ditunda. Penundaan pendaftaran dan pelaksanaan UTBK itu diumumkan secara resmi lewat akun instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Senin (23/3/2020).

Penundaan itu terkait dengan wabah Covid 19 yang saat ini tengah mewabah di Indonesia. "Memperhatikan situasi nasional berkenan dengan mewabahnya Covid 19 maka pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020 ditunda," demikian bunyi pengumuman dalam surat LTMPT. Dengan penundaan itu, pendaftaran dan pelaksanaan UTBK 2020 nantinya akan diumumkan lebih lanjut.

Dengan adanya penundaan itu maka siaran pers No 7/sipers/ltmpt/III/2020 tertanggal 9 Maret 2020 dinyatakan tidak berlaku. Surat penundaan UTBK tersebut dikeluarkan hari ini, Senin, 23 Maret 2020 dan ditandatangani Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih. Berikut alur pendaftaran UTBK yang harus dilalui oleh siswa:

1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir. 2. Kemudian, login menggunakan username/email dan password ke laman 3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.

4. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Kemudian pilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK. 5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran, kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K).

Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. 6. Melakukan login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK. 7. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Adapun syarat syarat wajib yang harus dipenuhi oleh peserta UTBK, syarat pendaftaran UTBK 2020, berikut ini: 1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020. 2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.

3. Peserta mengikuti satu kali tes dengan ketentuan sebagai berikut: UTBK kelompok Saintek mengikuti tes TPS dan TKA Saintek UTBK kelompok Soshum mengikuti tes TPS dan TKA Soshum

UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti tes TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum 4. Membayar biaya UTBK. Berikut daftar biaya pendaftaran UTBK 2020.

Untuk peserta yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran. Baik untuk pendaftaran tahap I dan II. Namun, jika peserta dengan nomor pendaftaran KIP Kuliah ikut untuk kedua kalinya akan dikenakan biaya, sebagai berikut:

Biaya Rp 200.000 untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum Biaya Rp 300.000 untuk Kelompok Ujian Campuran Biaya pendaftaran bagi peserta umum atau non KIP Kuliah untuk tahap I maupun II, simak berikut ini:

Biaya Rp 200.000 untu Kelompok Ujian Saintek atau Soshum Biaya Rp 300.000 untuk Kelompok Ujian Campuran

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close