Nasional

Pengamat Duga Amandemen UUD 45 Hanya Akan Kembalikan Kewenangan MPR

Pengamat politik Ray Rangkuti menduga wacana amandemen UUD 1945 akan melebar kepenghidupan kembali kewenangan MPR dalam memilih dan memberhentikan Presiden. Padahal, amandemen tersebut awalnya digaungkan untuk mengaktifkan kembali Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN). "Dugaan terbesar saya dalam amanademen UUD 1945, mengembalikan kewenangan MPR memilih dan memberhentikan presiden," tutur Ray di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).

Menurut Ray, masyarakat harus mendapatkan informasi seimbang dari wacana amandemen UUD 1945 dengan menjelaskan maksud serta tujuannya secara detail. "Jadi yang mau diatur di GBHN itu apa? Mau atur kesejahteraannya atau keadilannya saja, atau dua duanya," tuturnya. "Tapi kalau yang dimaksudkan supaya ada siklus lima tahunan, nah keadilan lima tahunan itu seperti apa? kan itu bicara diusulan teknis, cukup itu diatur di undang undang, tidak perlu sampai ke konstitusi," sambung Ray.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close