Lifestyle

Perawatan untuk Sepeda Anak agar Tidak Mudah Rusak

Anak membutuhkan sepeda untuk bermain sekaligus berolahraga. Anda bisa memilih sepeda anak yang terbaik sesuai dengan usianya. Anda yang sudah mendapatkan sepeda terbaik untuk anak, harus melakukan perawatan agar tidak mudah rusak. Berikut perawatan untuk sepeda yang bisa dilakukan.

Bersihkan secara Rutin

Anda harus membersihkan sepeda secara rutin. Sebelum mencucinya pastikan sudah melepas semua aksesoris yang terpasang di bagian sepeda. Sabun semua bagian hingga bersih dan kemudian lap. Khusus untuk bagian rantai dan gir tidak perlu disikat, Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan lap basah yang diberi sabun.

Anda harus menggunakan lap yang lembut agar tidak menyebabkan goresan pada bagian bodi sepeda. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian roda sepeda. Anda bisa menyikat bannya dengan menggunakan sikat. Bersihkan sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel.

Setelah sepeda dicuci lebih aman jika Anda meangin-anginkan atau menjemur sepeda terlebih dahulu agar air yang tersisa mudah menguap. Cara ini dilakukan untuk bisa menghindari terjadinya karat pada bagian besi sepeda.

Lebih aman lagi jika Anda mengelapnya kembali sampai tidak ada air yang tinggal di bagian sepeda. Saat mencuci sepeda usahakan untuk menggunakan air bersih bukan air asin yang bisa membuat sepeda menjadi berkarat.

Selain itu sebaiknya ingatkan anak setelah menggunakan sepeda harus disiram bagian bannya jika melewati jalan yang kotor. Hal ini supaya tidak terjadi penumpukkan kotoran pada bagian ban sepedanya. Anda juga bisa mengingatkan anak agar hati-hati memilih jalan yang dilalui saat bersepeda.

Periksa Seluruh Bagian

Perawatan sepeda anak agar bisa tahan lama tanpa mengalami kerusakan fatal dengan memeriksa seluruh bagian sepeda. Mulai dari bagian remnya, Anda harus memeriksa apakah rem sepeda masih bagus atau tidak, hal ini penting agar anak tetap aman menggunakannya.

Jangan lupa untuk memberikan minyak rem dan berikan juga pelumas pada bagian rantainya agar tidak mudah berkarat dan tetap bagus. Tes setiap bagian rem dengan perlahan agar benar-benar pasti dalam keadaan yang aman. Selain itu periksa roda sepeda ada atau tidaknya paku atau benda tajam yang menempel. Lebih cepat Anda melihatnya akan mencegah risiko sobek pada ban yang lebih besar.

Tambahkan angin ban sepeda jika dirasa kurang agar tidak berisiko mengalami bocor halus. Bagian lain yang harus Anda cek adalah pedal sepeda, lihat dengan teliti masih layak digunakan atau tidak. Periksa juga bagian stangnya, pastikan posisi stang sepeda tidak baling karena berisiko kecelakaan pada anak.

Penyimpanan yang Aman

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penyimpanan secara aman seperti di garasi. Tempat ini tentunya aman dari risiko terjatuh atau tersenggol. Jangan meletakkan sepeda sembarangan, pastikan sepeda tidak tersandar ke dinding dan menjadi lecet. Ini penyimpanan jika masih digunakan secara rutin.

Jika Anda akan bepergian dan harus menyimpan dalam waktu lama, sebaiknya menyimpan sepeda dengan cara digantung atau posisikan melayang. Bisa juga dengan mengondisikan roda sepeda agar tidak bersentuhan dengan lantai. Kemudian bagian bannya lebih aman jika Anda bungkus dengan menggunakan kardus agar aman tidak terkena gigitan tikus.

Anda tentu bisa mencari sepeda anak yang paling cocok untuk digunakan anak. Lebih aman jika pembeliannya membawa anak agar bisa langsung menyesuaikan dengan tinggi tubuhnya. Selain itu, pastikan sepeda yang dibeli menggunakan bahan berkualitas sehingga tidak mudah patah dan berkarat. Anda juga harus menerapkan cara perawatan di atas agar tidak mudah rusak.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close