Techno

PewDiePie Jadi Orang Pertama di Dunia yang Raih 100 Juta Subscribers di YouTube

PewDiePie atau Felix Kjellberg kini telah memiliki lebih dari 100 juta subscribers di YouTube, menjadikannya satu satunya YouTuber individu yang berhasil meraih pencapaian tersebut. PewDiePie telah menjadi salah satu creator paling sukses dalam sejarah platform. Ia bagaikan pioneer dalam sejarah YouTube.

Ia memperluas jangkauannya ke dalam buku, tampil di acara bincang bincang, dan sponsor. Tak selalu mulus, ketenaran sempat terhambat karena kontroversi seperti penggunaan bahasa rasis dan citra anti Semit. Seperti yang dilansir oleh theverge.com , pencapaian 100 juta subs PewDiePie diraih 9 tahun setelah video pertamanya.

Kenaikan subs PewDiePie cenderung tajam meski ada guncangan di tahun lalu. Dari tahun 2013 hingga beberapa bulan lalu, channel PewDiePie memegang titel channel dengan subs terbanyak di YouTube. Ia kemudian disalip oleh T Series pada Maret lalu, namun PewDiePie tetap memiliki 10 juta subs lebih banyak dari creator lain.

Series menjadi channel pertama yang mencapai 100 juta sub awal tahun ini. PewDiePie, ketika ia pertama kali memulai channelnya hampir satu dekade yang lalu, ia membantu merevolusi game di YouTube. Baru baru ini, channelnya terlihat lebih seperti seri serial, dengan ia mmebuat meme, mengomentari budaya YouTube, dan bereaksi terhadap video lain.

Pencapaian sub PewDiePie diraih Minggu (25/8). Momen itu ditangkap oleh penggemar dan YouTuber lainnya menggunakan analitik situs penghitung subscriber YouTube Social Blade. Tak lama setelah itu, Akun resmi YouTube mengunggah video perayaan memberi selamat kepada Kjellberg.

Kjellberg menyebut pencapaian itu "prestasi yang tidak nyata" dalam sebuah tweet pada Senin pagi. "Saya tidak merasa patut, tapi saya selamanya bersyukur," tulisnya. Dalam sebuah video sebelum pencapaian 100 juta subscriber, Kjellberg berterima kasih kepada para penggemarnya dan menyatakan kagum pada pencapaian yang akan datang.

"Aku masih belum percaya," katanya. "Sebelum YouTube, saya adalah anak aneh tanpa teman, dan tiba tiba ada begitu banyak orang yang menikmati apa yang saya lakukan." YouTuber dengan nama asli Felix Kjellberg berpotensi menghasilkan hampir 8 juta dolar AS (Rp 114 miliar) dalam pendapatan bulanan, meliputi sekitar 6,8 juta dolar AS (Rp 97 miliar) dari penjualan barang dagangan dan sekitar 1,1 juta dolar AS (Rp 15 miliar) dari iklan.

Purple Moon mengumpulkan data menggunakan tool yang diberinama Sellfy, yang juga disebut sebut sebagai "kalkulator Uang YouTube." Sellfy bisa menentukan jumlah minimum dan maksimum yang bisa dihasilkan sebuah channel YouTube melalui iklan dan barang dagangan. Angka yang diperoleh Purple Moon merupakan perhitungan rata rata dari dua jumlah tersebut, ucap juru bicara Purple Moon.

Seperti yang diberitakan prweek.com, PewDiePie menjual barang dagangan melalui dua situs web: perusahaan pakaian Represent.com dan ShopPewDiePie.com. Ia juga memiliki 17,7 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 440.000 di platform streaming DLive. PewDiePie sebelumnya melakukan streaming di platform saingan Twitch.

Namun ia beralih ke DLive secara eksklusif sejak bulan April. PewDiePie menghasilkan 15,5 juta dolar AS tahun lalu, menurut The New York Times. Dude Perfect berada di urutan kedua channel YouTube berpenghasilan tertinggi.

Dude Perfect memiliki 44 juta subscribers. Mereka menghasilkan lebih dari 29 juta dolar AS dengan menjual produk serta 490.000 dolar AS dalam iklan, menurut survei. Saluran olahraga terbesar YouTube ini diciptakan oleh lima teman dari Texas yang melakukan tembakan trik dan aksi.

VanossGaming berada di urutan ketiga dengan 24 juta subs. VanossGaming mendapat lebih dari 2,2 juta dolar AS dalam penjualan barang dagangan dan hampir 380.000 dolar AS dalam iklan. Urutan ke 4 diisi oleh DanTDM, channel video game dari Inggris dengan 24 juta pelanggan.

DanTDM menghasilkan lebih dari 2,2 juta dolar AS dari barang dagangan dan hampir 365.000 dolar AS dari iklan. Lima terbesar adalah YouTuber asal Chili, JuegaGerman, yang membuat konten komedi, gaming, dan lain lain. Ia memiliki 36 juta subscribers di channel aktifnya.

Salurannya yang lain, HolaSoyGerman, nampaknya sudah tidak aktif karena video terakhir yang diunggah adalah dua tahun lalu. Channel itu memiliki 39 juta subscribers. Di antara daftar tersebut, ada satu nama YouTuber Indonesia, yaitu Atta Halilintar.

Atta Halilintar ada di peringkat ke 8. Pendapatan dari penjualan merchandise nya diperkirakan mencapai 1,46 jutadolar AS (Rp 20 M). Sementara pendapatan dari iklan mencapai 237,123 dolar AS (Rp 3,3 M).

Sellfy mengatakan, pihaknya mendapatkan data penghasilan dari penjualan YouTuber berdasarkan data dari ribuan YouTuber. Data dikelompokkan menjadi enam kelompok berdasarkan jumlah views. "Perkiraan penghasilan akan dihitung berdasarkan YouTuber yang serupa," Purple Moon menjelaskan.

"Dari sana, kami mengambil harga produk rata rata di semua toko kami dan menggunakan kemungkinan pembelian yang kami perhitungkan sebelumnya, kami menghitung kisaran potensi pendapatan." Sellfy menghitung pendapatan iklan setiap channel dengan menggunakan rentang CPM, yaitu "berapa banyak pengiklan membayar untuk setiap 1.000 tampilan iklannya." Sellfy mengandalkan rentang CPM paling umum dari $ 0,25 hingga $ 4.

Berikut prakiraan rata rata pendapatan YouTuber dari penjualan merchandise maupun iklan:

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close