Kesehatan

Sakit Kepala Terus Menerus, Jangan Bergantung Dengan Menyantap Makanan Pedas

Ada yang meyakini makananpedasbisa bantu hilangkan sakit kepala. Faktanya, makanan yang pedasnya berasal daricabaimengandung senyawakapsaisin, yakni suatu zat padacabaiyang menimbulkan rasa/sensasipedas. Sebuahbukti ilmiah menunjukkan, zat kapsaisin ini ternyatabisa membuat tubuh menjadi tidak sensitif terhadap nyeri dan menekan rasa sakit.

Fakta ini yang mendasari sebuah penelitian, kenapa makanan pedas sering dianjurkan untuk mengatasi sakit kepala. Dikutipharumsismamedika.comdariaan.com, Penelitianyang dilakukan olehAmerican Academy of Neurologymenyebutkan, penggunaan semprotan kapsaisin hidung (nasal spray) dapat mengurangi sakit kepala seperti migrain dan sakit kepala klaster dengan cepat. Selain itu, bila sakit kepala disebabkan karena sinusitis (radang pada hidung), makanan pedas dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi sumbatansehingga hasilnya sakit kepala pun berkurang.

Makanan pedas diklaim mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, belum jelas bagaimana hal ini dapat terjadi. Diperkirakan karena makanan pedas dapat membuat tubuh memberi respons yang sama seperti ketika terjadi infeksi, radang, atau luka. Di mana tubuh mengeluarkan senyawa kimia sebagai senjata untuk melawan infeksi atau peradangan.

Hal ini yang membuat daya tahan tubuh meningkat setelah makan makanan pedas, karena tubuh menganggapnya sebagai rasa nyeri yang harus dihilangkan. Setelah mengetahui fakta penelitian di atas, tidak berartikita harus mengonsumsi makanan pedas setiap kali sakit kepala datang. Nyatanya, tidak selamanya sakit kepala dapat diatasi dengan makan makanan, apalagi makanpedasdalam jumlah banyak juga tidak baik bagi pencernaan.

Untuk itu, bila sakit kepala menyerang terus menerus dan sangat mengganggu, jangan sekali kali bergantung pada makananpedassegeralah periksa diri ke dokter agar tidak menjadi parah.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close