Pendidikan

Sempat Ditutup, Pendaftaran UTBK 2019 Kembali Dibuka, LTMPT Umumkan Beberapa Ketentuan

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sempat ditutup sementara karena sejumlah kendala. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali membuka pendaftaran pada Senin (4/3/2019) pukul 08.00 WIB. Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, proses pendaftaran UTBK mulai lancar sejak jam 09.00 WIB dilihat dari kapasitas entry dalam satu menit bisa melayani 3000 orang peserta yang terproses.

LTMPT sempat menutup sementara pendaftaran UTBK akibat masalah NPSN dan NISN serta pembayaran host to host ke bank mitra LTMPT. Berikut penjelasan dan ketentuan terkait pendaftaran UTBK gelombang I 2019. 1. Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah membayar serta mencetak kartu tanda peserta (sebelum tanggal 4 Maret 2019), proses sudah selesai.

2. Bagi peserta yang sudah melakukan login sampai mendapatkan kartu tanda peserta tapi belum melakukan pembayaran melakukan login kembali ke laman pendaftaran untuk mendapatkan dan segera melakukan pembayaran di Bank sebelum pukul 22.00 WIB hari ini, 04 Maret 2019 agar lokasi ujian, tanggal dan sesi yang dipilih masih tetap berlaku. 3. Bagi pendaftar yang baru login mulai hari ini, berlaku ketentuan seperti yang sudah diumumkan pada web LTMPT. 4. Masyarakat dimohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK gelombang I masih dilayani hingga 24 Maret 2019. Pendaftar diharap tidak memaksakan diri untuk memilih salah satu lokasi ujian saja karena masih ada kesempatan di lokasi ujian lain di kota yang sama atau di kota yang lain.

Sebelum melakukan pendaftaran UTBK, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran akun LTMPT. Berikut ini link pendaftaran akun LTMPT: Untuk membuat akun LTMPT, peserta harus memasukkan beberapa data.

1. Peserta harus memasukkan NISN dan NPSN 2. Peserta memasukkan tanggal lahir 3. Peserta diminta mengisi email

4. Selanjutnya peserta diminta untuk kembali menulis email guna konfirmasi 5. Peserta harus memasukkan password minimal 8 karakter kombinasi huruf dan angka 6. Peserta kembali diminta memasukkan password untuk konfirmasi.

7. Langkah terakhir klik tombol daftar Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan menerima email konfirmasi untuk melakukan pengaktifan akun. LTMPT menyarankan peserta untuk memeriksa email konfirmasi di folder inbox atau spam.

Apabila sudah memiliki aku maka peserta dapat mendaftar UTBK dengan memasukkan email dan password yang telah terdaftar. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjadi syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN. Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id , UTBK akan digelar dalam dua gelombang yakni gelombang I dan gelombang II.

Gelombang I kali ini pendaftaran dijadwalkan ditutup hingga tanggal 24 Maret pukul 23.59 WIB. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, 2019 serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Dikutip dari Instagram Sekretariat SNMPTN, @sekresnmptn , LTMPT mencatat tahun ini sebanyak 2.330.433 akan lulus.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Selain itu untuk memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close