Lifestyle

Seni Aquascape Kreatif yang Unik dan Menarik

Aquascape merupakan sebuah seni kreatif yang unik. Jika biasanya orang berkebun menggunakan media tanah maka pada aquascape ini berkebun di dasar air di dalam media aquarium. Tanaman, batu-batuan dan biota air didekorasi sedemikian rupa membentuk kebun air yang indah. Untuk memperindah umumnya ikan, reptil dan hewan air lainnya ikut dimasukkan ke dalam aquarium. Reptil kecil seperti ular air dapat pula dimasukkan.

Aquarium yang dipakai dihias agar dekorasi terlihat lebih hidup. Lampu LED berwarna yang dipasang di aquarium dapat memberi lighting yang mengesankan untuk seni kebun air. Fungsi lampu LED ini selain sebagai penghias juga untuk memberikan pencahayaan bagi kehidupan tanaman sebagai pengganti sinar matahari. Proses fotosintesis tanaman juga harus diperhatikan agar tetap segar dan tidak mati.

Cara membuat aquascape bagi pemula dapat memakai aquarium berukuran kecil terlebih dahulu. Tetapi jika ingin lebih menarik maka aquarium berukuran besar dapat dipilih. Penataan akan lebih mudah jika memakai aquarium berukuran luas. Namun ada pula yang memakai aquarium berbentuk bulat dan menghasilkan seni menakjubkan.

Aquascape ini berbeda dengan aquarium yang biasa untuk memelihara ikan. Aquarium lebih menitikberatkan pada pemeliharaan ikan hias dan tanaman air maupun batu-batuan sebagai penghias. Jadi lebih berfokus pada ikan hias. Sedangkan aquascape lebih berfokus pada seni kreatif penataan dekorasi tanaman, kayu maupun bebatuan. Ikan hias hanya sebagai penghias saja sehingga dipilih ikan kecil dengan warna-warni menarik.

Yang mengisi dan menghias kebun bawah air tidak hanya ikan hias saja. Kura-kura kecil, keong, udang dan reptil air dapat dipakai agar memberi kesan kehidupan bawah air sebenarnya. Air yang dipakai bisa air tawar dan dapat pula memakai air laut. Jika memakai air laut maka dapat ditambahkan terumbu karang dan tanaman laut.

Aquascape atau membuat seni di dalam air ini tidak dapat hanya mendekorasi saja tetapi harus juga memikirkan kelangsungan hidupnya. Tanaman air harus memperoleh pencahayaan dan pupuk yang cukup agar tetap hidup. Hewan air juga harus mendapatkan asupan makanan dan karbondioksida yang cukup. Oleh karena itu pembuatan aquascape ini harus detail.

Berikut cara membuat aquascape agar kehidupan di dalam sebuah aquarium dapat tetap berlangsung.

Mempersiapkan Bahan
Untuk membuat aquascape yang pertama adalah mempersiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seni kreatif kebun di bawah air yaitu tanaman air, hewan air, batu-batuan dan kayu. Aquarium mutlak dibutuhkan sebagai media tempatnya yang dilengkapi dengan lampu LED dan filter. Pasir silica, pupuk dan CO2 juga harus tersedia.

Penataan Aquarium
Aquarium dapat dipilih berdasarkan ukuran dan modelnya sesuai keinginan. Lampu LED dapat dipasang di pinggir aquarium dan usahakan agar aman dari air. Pasir silica ditata pada dasar aquarium setebal kurang lebih 1-3 cm. Tidak perlu merata dan dapat ditata menurut kreatifitasnya sendiri. Lapisan kedua diberikan karbon aktif untuk menyerap zat-zat berbahaya. Kemudian pada lapisan atas dapat diberikan pasir silica lagi.

Pemberian Pupuk
Pupuk sangat penting untuk memberikan nutrisi pada tanaman air. Untuk memberikan dan penataan pupuk sebaiknya tidak terlihat namun dapat menyentuh akar tanaman. Caranya adalah dengan membuat sedikit cekungan di permukaan pasir lapisan sebagai tempat pupuk. Kemudian ditutup kembali dengan pasir sehingga pupuk tidak terlihat. Namun jika tanaman air tidak memiliki akar maka pupuk tidak mutlak diberikan.

Memasukkan Hiasan
Hiasan untuk aquascape terdiri dari bebatuan dan kayu. Batu-batuan dan kayu dapat diberikan warna yang menarik sebelum penataan. Penataan elemen hiasan ini sangat penting karena dapat berpengaruh pada hasil akhir. Tidak perlu kaku ketika menata hiasan ini. Cara membuat aquascape dapat berkreasi secara bebas namun tampak alami. Penataan harus dibuat sealami mungkin dan seni kreatif sangat dibutuhkan.

Memasukkan Tanaman
Saat memasukkan tanaman sebaiknya sebelum aquarium diisi air agar mudah saat penataannya. Tetapi jika kurang memungkinkan dapat diisi sedikit air terlebih dahulu baru memasukkan tanaman. Tanaman diletakkan di tempat yang telah diberikan pupuk. Usahakan akar tanaman dapat menyentuh pupuk agar nutrisi terserap sempurna.

Memasukkan Air
Air dimasukkan secara hati-hati dan tidak boleh langsung banyak. Tuangkan air sedikit-sedikit agar tidak merusak hiasan dan tanaman yang sudah didekorasi dengan cantik. Dapat juga menuangkan air menggunakan selang kecil dengan aliran yang kecil. Setelah air penuh baru dimasukkan filter air dan peralatan lainnya.

Suhu di dalam air harus diperhatikan. Akan lebih baik jika dipasang termometer khusus untuk mengontrol suhu di dalam aquarium. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tanaman dan ikan menjadi mati. Sedangkan jika suhu yang terlalu dingin maka tanaman dan ikan dapat menjadi pasif bahkan bisa menyebabkan kematian.

Memasukkan Ikan dan Hewan Air
Untuk memasukkan ikan dan hewan air seperti udang, kura-kura dan keong tidak bisa langsung. Paling tidak harus menunggu sekitar seminggu. Jeda waktu ini sangat penting karena harus memastikan kehidupan ekosistem di aquarium telah sempurna. Tanaman juga membutuhkan adaptasi pada kehidupan di lingkungan yang baru. Jika langsung dimasukkan dikhawatirkan akan berpengaruh pada kehidupan hewan air tersebut.

Perawatan Aquascape
Tanaman dan ikan merupakan makhluk hidup yang membutuhkan perawatan agar kelangsungan hidupnya tetap terjaga. Kotoran-kotoran yang ada di dalam aquarium harus segera dibersihkan. Umumnya akan timbul lumut di kaca aquarium dan ini akan sangat mengganggu pemandangan. Penggantian air dapat dilakukan secara berkala.

Aquascape atau seni berkebun di dalam air ini membutuhkan seni dan kreatifitas tinggi agar memperoleh hasil yang bagus. Pemandangan kebun di dalam air dengan ikan, keong, udang dan kura-kura berenang dapat membuat hati menjadi tenang.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close