Kesehatan

Sering Merasa Ngantuk Saat di Kantor? Coba Atasi dengan 6 Cara Jitu Ini

Rasa kantuk selalu muncul dalam waktu yang tidak terduga. Bahkan sejumlah orang sering merasa kantuk ketika sedang bekerja. Hal ini sangat merepotkan, terutama ketika harus dikejar deadline kerjaan.

Mendengarkan musik ternyata mampu meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi di Taiwan yang menemukan bahwa seseorang yang mendengarkan musik sebelum ujian akan memiliki level konsentrasi yang lebih tinggi, dikutip dari Kompas.com. Mendengarkan musik musik favorit juga dapat meningkatkan mood seseorang sehingga rasa jenuh dan rasa kantuk akan hilang dengan sendirinya.

Sarapan sebelyum berangkat bekerja ternyata juga mampu menjadi satu di antara cara mengurangi rasa kantuk di kantor. Ketika beraktivitas tubuh akan memerlukan energi yang banyak, dan dengan sarapan maaka energi dalam tubuh akan terpenuhi. Karena jika tidak terpenuhi maka tubuh tidak bisa melkukan metabolisme secara maksimal dan hal ini akan menimbulkan rasa kantuk.

Dan alangkah lebih baiknya kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung energi seperti susu, roti, telur dan daging. Duduk dalam waktu yang lama akan menimbulkan rasa bosan. Terutama kita juga harus menatap layar komputer, maka hal itu akan membuat mata menjadi leleah.

Satu di antara cara mengatasi rasa kantuk saat bekerja adalah memberikan ruang gerak terhadao tubuh kita. Kita bisa berjalan jalan sebentar di lingkungan kantor atau sekedar melakukan gerakan ringan untuk menghilangkan rasa kantuk. Sedikit gerakan pada tubuh juga dapat melancarkan aliran darah.

Ukuran ideal meminum air putih perharinya dalah 8 gelas atau minimal 2 liter. Air putih mempu melnacark metabolisme dalam tubuh dan hal ini dapat mengurangi rasa kantuk. Hal ini sangat mudah dilakukan ketika kita berada di kantor.

Ketika kita merasa kantuk kita bisa mengonsumsi beberapa minuman yang mengandung kafein seperti kopi, atau secangkir teh. Kafein merupakan stimulan atau zat yang mampu meningkatkan produksi adrenalin dan menghambat zat kimia penyebab kantuk dalam tubuh. Namun dalam sehari kita hanya boleh mengonsumsi kafein sebanyak tiga cangkir.

Jika kelima hal tersebut tidak mampu mengatasi rasa kantuk, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter. Rasa kantuk yang muncul setiap saat meskipun sedang tidak melakukan aktivitas yang berat bis ajadi merupakan satu di anatar gangguan kesehatan. Jadi alangkah lebih baik jika dikonsultasikan kepada dokter, agar segera mendapat cara penyembuhan yang tepat.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close