Sains

Sesaat Apa yang wajib Dilakukan Sebelum & Sesudah Gempa Bumi

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang kerap terjadi di Tanah Air. Terakhir kali, gempa mengguncang Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (15/11/2019). Bagaimanakah cara menghadapi gempa bumi, sebelum, sesaat ataupun sesudah terjadi? Berdasarkan laman siaga.bnpb.go.id, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkap cara menghadapi bencana tersebut melalui Buku Saku Kesiapsiagaan.

Masyarakat diminta menyiapkan rencana untuk penyelamatan diri apabila gempa bumi terjadi. Melakukan latihan yang dapat bermanfaat dalam menghadapi reruntuhan saat gempa bumi, seperti menunduk, perlindungan terhadap kepala, berpegangan, ataupun dengan bersembunyi di bawah meja. Menyiapkan alat pemadam kebakaran, alat keselamatan standar, dan persediaan obat obatan.

Membangun konstruksi rumah yang tahan terhadap guncangan gempa bumi dengan fondasi yang kuat. Selain itu Anda bisa merenovasi bagian bangunan yang sudah rentan. Memperhatikan daerah rawan gempa bumi dan aturan seputar penggunaan lahan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Bila Anda berada di dalam bangunan, seperti rumah, sekolah ataupun bangunan bertingkat, ini yang harus dilakukan :

Guncangan akan terasa beberapa saat. Selama jangka waktu itu, berlindunglah di bawah meja untuk menghindari dari benda benda yang mungkin jatuh dan jendela kaca. Lindungi kepala dengan bantal atau helm, atau berdirilah di bawah pintu. Bila sudah terasa aman, segera lari keluar rumah. Jika sedang memasak, segera matikan kompor serta mencabut dan mematikan semua peralatan yang menggunakan listrik untuk mencegah terjadinya kebakaran. Bila keluar rumah, perhatikan kemungkinan jatuhnya pecahan kaca, genteng atau material lainnya. Tetap lindungi kepala dan segera menuju ke lapangan terbuka. Jangan berdiri dekat tiang, pohon, atau sumber listrik atau gedung yang mungkin roboh.

Jangan gunakan lift apabila Anda berada di lantai atas dalam bangunan. Gunakan tangga darurat untuk evakuasi keluar bangunan. Apabila sudah berada dalam lift, segera tekan semua tombol, atau gunakan interphone untuk panggilan kepada pengelola bangunan. Kenali bangunan yang memiliki struktur kuat, seperti apa sudut bangunan. Apabila Anda berada di dalam bangunan yang memiliki petugas keamanan, ikuti instruksi evakuasi. Saat Anda berada dalam mobil, Anda kemungkinan akan kehilangan kontrol terhadap mobil. Maka jauhi persimpangan, pinggirkan dan berhentikan mobil Anda di kiri bahu jalan. Kemudian ikuti instruksi petugas berwenang dengan memerhatikan lingkungan sekitar atau melalui alat komunikasi seperti radio dan gawai.

Tetap waspada terhadap gempa bumi susulan. Ketika berada di dalam bangunan, evakuasi diri Anda setelah gempa bumi berhenti. Perhatikan reruntuhan maupun benda benda yang membahayakan saat evakuasi. Jika berada di dalam rumah, tetap berada di bawah meja yang kuat.

Periksa keberadaan api dan potensi terjadinya bencana kebakaran. Berdirilah di tempat terbuka yang jauh dari gedung dan instalasi listrik dan air. Apabila di luar bangunan adalah lokasi dengan tebing di sekelilingnya, maka hindari daerah yang rawan longsor. Jika di dalam mobil, berhentilah tetapi tetap berada di dalam mobil. Hindari berhenti di bawah atau di atas jembatan atau rambu rambu lalu lintas.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close