Metropolitan

Siapkan Rp 5 Triliun Dana Penanganan Corona Pemprov DKI Rp 188 Miliar DPRD Sebut Terlalu Sedikit

Pemprov DKI Jakarta diminta menyiapkan paling tidak Rp 5 triliun untuk menanggulangi wabah virus corona, dan bantuan bagi warga miskin atau para pekerja informal. Saat ini Biaya Tak Terduga (BTT) Pemprov DKI yang diperuntukan sebagai dana penanganan virus corona hanya Rp188 miliar. Jumlah tersebut dinilai sangat kecil dan tak akan cukup menghadapi wabah COVID 19 di Jakarta. Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani mengatakan Jakarta memiliki APBD yang melimpah dan sangat cukup untuk menutupinya. Pasalnya APBD DKI sebesar Rp87,9 triliun dan jadi yang terbesar di Indonesia.

"Siapkan paling tidak Rp5 triliun, APBD kita tidak sedikit, pangkas APBD kita yang bisa di pangkas," kata Zita kepada wartawan, Kamis (2/4/2020). Gubernur Anies Baswedan tinggal melakukan penyesuaian anggaran yang dirasa bukan prioritas untuk situasi saat ini. Anies dapat menggeser anggaran semisal Formula E atau kegiatan yang tak memungkinkan digelar di tengah pandemi COVID 19.

Bahkan, Zita juga mengusulkan anggaran kegiatan DPRD DKI seperti kunjungan kerja dapat dialihkan sebagai dana penanggulangan wabah. "APBD kita tidak sedikit. Pangkas yang bisa dipangkas," ujarnya. Jika dana Rp5 triliun terpenuhi, Pemprov DKI dinilai akan mampu menerapkan karantina wilayah atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tanpa mengabaikan hak dasar masyarakat. "Kalau pemerintah tidak menjamin kesejahteraan warga, akan ada dinamika serius yang terjadi di masyarakat," kata politikus PAN ini.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close