Travel

Surga Tersembunyi di Flores Timur Menelusuri Keindahan Pasir Timbul Meko

Kabupaten Flores Timur (Flotim) di Nusa Tenggara Timur mempunyai destinasi yang unik yakni Pasir Timbul Meko. Pasir Meko adalah pasir timbul di tengah laut yang berada di Dusun Meko, Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur. Warga setempat menamainya Pasir Timbul Meko, hal itu karena terdapat gundukan pasir di tengah laut seperti pulau yang tidak berpenghuni.

Pasir Timbul Meko mempunyai luas yang tidak sampai 1 kilometer persegi dengan warna pasir putih dengan sedikit varian pink. Pasir yang berwarna pink ini berasal dari karang yang hancur hingga berukuran sekecil pasir putih lainnya. Selain keunikan pasir timbul ini, Kawasan Meko mempunyai pemandangan yang luar biasa menawan dengan lanskap pantai dan lautnya yang masih alami.

Ombak di pantai ini juga tidak besar, hanya riak riak kecil yang tidak membahayakan. Bila air laut sedang pasang, Pasir Meko akan tenggelam karena dan seakan tidak ada. Untuk menuju kesini, dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang.

Bila dari Pelabuhan Pelni Larantuka di Kota Larantuka, kamu perlu menyeberang ke pelabuhan Tubilota di Pulau Adonara. Kamu dapat menumpang kapal motor dengan waktu tempuh kira kira hanya 10 menit. Kemudian, setelah sampai di Pulau Adonara, kamu harus menyewa mobil untuk menuju ke Meko, karena akses ke Dusun Meko masih sangat minim dengan transportasi umum.

Dari Pulau Andonara membutuhkan waktusekira2 jam untuk sampai di Dusun Meko. Sesampainya di Dusun Meko, warga desa bisa mengantarkan kamu ke Pasir Timbul Meko. dengan menyewa perahu nelayan lokal. Dalam perjalanan menuju pulau itu, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang tak kalah indah dengan air laut yang jernih dan keindahan terumbu karang.

Selain itu, banyak lanskap yang menjadi keindahan Pasir Timbul Meko seperti Ile Boleng, Bukit Sandosi, Lembata hingga gunung api. Selain menggunakan jalur darat dan laut, untukmenuju Pasir Timbul Meko bisa juga melalui Kota Larantuka dengan dua penerbangan dari Kupang. Pada Pagi hari menggunakan Trans Nusa dan Sore hari menggunakan Wings Air atau via Maumere dengan menempuh perjalanan darat 4 jam bisa menjadi alternatif perjalanan ke Larantuka.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close