Bisnis

Tenaga Konstruksi Bersertifikat Masih Sulit Cari Kerja, Menteri Basuki Minta Lapor ke LPJK

Sertifikasi terhadap para tenaga kerja konstruksi diperlukan untuk membuktikan bahwa mereka memiliki kualifikasi baik di bidang profesi tersebut. Pelatihan vokasi diberikan untuk menunjang pekerjaan mereka yang bergerak di bidang keterampilan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan para pekerja telah bersertifikasi, mereka akan mudah dalam memperoleh pekerjaan.

Karena sertifikasi itu tidak hanya memiliki nilai sebagai simbol kompetensi para pekerja, namun nilai jual dalam memperoleh penghasilan. Jika pekerja konstruksi tersebut telah mendapatkan pekerjaan, maka tentunya mereka juga akan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kendati demikian, kata Basuki, jika setelah mendapatkan sertifikasi namun masih sulit mendapatkan pekerjaan, dia mengimbau agar mereka segera melaporkannya ke lembaga terkait, yakni Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menghadiri acara pemberian Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi yang dihadiri 4.524 tenaga kerja. "Kalau saudara yang sudah bersertifikat masih kesulitan atau dipersulit dalam mencari kerja, tolong laporkan ke LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi)," ujar Basuki, dalam acara yang digelar di Alun alun Kulonprogo, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019) sore. Lembaga yang menerima pengaduan akan menindaklanjuti pelaporan yang masuk dan meneruskannya ke Kementerian PUPR.

"LPJK nanti akan melaporkan lebih lanjut ke Kementerian PUPR," kata Basuki. Peningkatan kompetensi memang tengah dilakukan berbagai kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Sertifikasi bagi tenaga konstruksi dianggap penting karena hal tersebut merupakan program yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sejak 17 Oktober 2017.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close