Kesehatan

Terapkan Rumus 20 20 20 Hati Hati Mata Kelelahan

— Mata kerap memberikan tanda tanda kalau sedang kelelahan yang seharusnya diperhatikan agar mata tetap dalam kondisi yang sehat. Dokter Spesialis Mata, dr. Tri Rahayu menyebutkan tanda tanda mata lelah atau asthenopia diantaranya penglihatan buram, mata berair, hingga pegal di bagian alis dan pelipis. “Sakit kepala dan terasa silau itu juga karena mata lelah lho,” ungkap dr. Tri Rahayu di Talkshow Diskusi bertajuk ‘Mata Sehat Mendukung SDM Hebat’ di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2019).

Mata lelah karena mata terlalu lama menatap komputer, terlalu lama membaca buku, dan karena mata dipaksa untuk melihat dalam cahaya yang redup, tapi paparan sinar yang terlalu terang juga bisa membuat mata mudah lelah. “Jadi mata lelah karena ada visual atensi dalam waktu yang lama dan mata harus melakukan aktivitas,” ucap dr. Tri Rahayu. “Karena terlalu fokus melihat tadi refleks berkedip jadi jarang yang menyebabkan penguapan air mata berlebihan jadi mata kering,” sambung dr. Tri Rahayu.

Dr. Tri Rahayu pun menyebutkan trik agar mata tidak mudah lelah ada menerapkan rumus 20 20 20 terutama bagi yang memiliki banyak aktivitas di depan layar. “Jadi rumusnya kalau bekerja 20 menit, istirahatkan selama 20 detik untuk melihat lebih dari 20 meter atau lihat yang jauh,” pungkas dr. Tri Rahayu.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close